Home / Sport / Delapan Pasangan Calon Bupati Ende Mengikuti Pemeriksaan Kesehatan

Delapan Pasangan Calon Bupati Ende Mengikuti Pemeriksaan Kesehatan

Bagikan Halaman ini

Share Button

16

foto: suasana di rsud ende dalam peristiwa lalu

 

Moral-poltik.com. Bertempat di RSUD Ende, delapan kandidat Bupati dan Wakil Bupati yang maju bertarung dalam Pilkada 2013 ini melakukan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan ini merupakan salah satu prasyarat untuk bisa maju bertarung dalam pentas demokrasi Pilkada Ende.

Pantauan Moral-politik.com, Senin (19/8) di RSUD Ende, kedelapan bakal calon sudah hadir sejak pukul 07.30. Pemeriksaan lengkap tersebut dilakukan oleh IDI dimana menghadirkan dokter ahli dari RSUD Kupang dan juga dokter ahli yang ada di RSUD Ende.

Anggota komisioner Komisi Pemilihan Umum Ende, Rosario Ndai yang ditemui di RSUD Ende di sela-sela kegiatan pemeriksaan para bakal calon mengatakan, pemeriksaan kesehatan merupakan salah satu persyaratan bagi para bakal calon yang ingin maju dalam pentas Pilkada. Untuk itu, kata Ros Ndai, Komisi Pemilihan Umum Ende bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia melakukan general chek up bagi para bakal calon tersebut. Oleh Ikatan Dokter Indonesia, pemeriksaan kesehatan tersebut dilakukan oleh dokter ahli yang didatangkan dari RSUD Prof.W.Z .Johanes Kupang dan sebagian oleh dokter ahli yang ada di RSUD Ende.

“MOU sudah jelas dimana semua kegiatan pemeriksaan ditangani oleh IDI, yang dilakukan di RSUD Ende dengan mendatangkan dokter ahli dari RSUD Prof.W.Z.Johanes Kupang dan juga oleh dokter ahli yang ada di RSUD Ende,” kata Ros Ndai.

Ros Ndai menyatakan, tahapan pemeriksaan kesehatan ini selama dua hari (19/8 – 20/8) dijadikan pedoman penetapan para bakal calon. Untuk itu sesuai dengan aturan maka hasil dari pemeriksaan kesehatan tersebut tidak boleh dan tidak bisa dibandingkan dengan pemeriksaan lainnya, selain dari Tim Kesehatan yang ditentukan IDI sesuai MOU yang dibuat bersama KPU Ende.

Baca Juga :  Bertemunya Paus Emeritus Benediktus XVI & Paus Fransiskus di Vatikan

Ketua Tim Pelaksana Pemeriksa Kesehatan para bakal calon dr.Lucia Sandra G.A dalam surat keterangan yang diperuntukan bagi para calon mengatakan, pemeriksaan itu juga dilakukan atas persetujuan para paket dengan mengisi formulir pemeriksaan kesehatan dan juga narkoba. Karena itu saat pemeriksaan dilakukan pengambilan sempel darah dan urien untuk diuji di laboratorium. Layaknya pemeriksaan lengkap umum  lainnya juga dilakukan tes kejiwaan atau psiko tes dengan melakukan ujian di ruangan Paviliun RSUD Ende.

Sementara itu berkaitan dengan hasil pemeriksaan akan diplenokan oleh para dokter yang tergabung dalam tim tersebut,  dan selanjutnya disampaikan kepada KPU Ende.

Seperti nampak kedelapan paket bakal calon secara saksama mengikuti seluruh rangkaian pemeriksaan di RSUD Ende.*** (AVI))

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button