Home / Sport / Empat Partai Ganti Lima Bakal Caleg DPRD

Empat Partai Ganti Lima Bakal Caleg DPRD

Bagikan Halaman ini

Share Button

8

 

Moral-politik.com. Sebanyak empat partai politik menggantikan lima bakal calon anggota legislatif (Caleg) DPRD NTT untuk ditetapkan dalam daftar calon teta (DCT) pada pemilu 2014. Pergantian itu dengan alasan bakal caleg yang telah diumumkan pada daftar calon sementara (DCS) meninggal dunia, pekerjaan, tak memenuhi syarat pencalonan dan mengundurkan diri.

Juru bicara KPU NTT, Djidon de Haan sampaikan ini kepada Moral-politik.com di Kupang, Kamis  (22/8) bahwa empat partai yang mengajukan pergantian bakal calegnya yakni Partai Demokrat, Nasional Demokrat (NasDem), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), dan Partai Amanat Nasional (PAN). Lima bakal caleg yang diganti itu, dua orang berasal dari Partai NasDem, dan tiga orang lainnya berasal dari PKPI, PAN, dan Demokrat.

Caleg yang diganti itu, lanjut Djidon, dari Partai Demokrat, Yoseph Aman Mamulak digantikan oleh Gregorius Foju karena meninggal dunia. Dari Partai NasDem, Urbanus Lora digantikan Markus Ali Brandi berkaitan dengan pekerjaan dan Melkianus Mampang digantikan oleh Rofinus Jemana karena mengundurkan diri. Dari PKPI, Hermin Mangiri digantikan oleh Rosiana Ado karena tidak memenuhi syarat pencalonan. Dari PAN, Widia Sri Yosefina Biron digantikan oleh Nestiana Surya yang mengundurkan diri.

Menjawab pertanyaan bagaimana dengan Partai Gerindra yang salah satu bakal calegnya meninggal, Djidon sampaikan, KPU masih memberi kesempatan kepada partai itu untuk menggantinya. Ini sesuai dengan Surat Edaran KPU Pusat Nomor 583 tanggal 20 Agustus 2013.

Kata dia, dalam surat itu pada intinya menjelaskan, untuk bakal caleg yang meninggal setelah tahap penggantian caleg berakhir, partai bisa mengajukan calon pengganti sehari sebelum penetapan DCT.

“Kita sudah minta penghubung Gerindra untuk memasukan calon pengganti atas nama Helmy Foenale yang meninggal beberapa hari lalu,” ujar Djidon.*** (AVI)

Baca Juga :  ‘Natal’ membebaskan 161 Narapidana

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button