Home / Sport / Ferdi Tanoni Minta Dukungan Internasional Terkait Pencemaran Laut Timor

Ferdi Tanoni Minta Dukungan Internasional Terkait Pencemaran Laut Timor

Bagikan Halaman ini

Share Button

2

 

Moral-politik.com. Yayasan Peduli Timor Barat (YPTB) meminta dukungan internasional terkait pencemaran minyak di Laut Timor tahun 2009 silam. Pencemaran terjadi menyusul meledaknya sumur minyak Montara pada 21 Agutus 2009. Hingga kini, perusahaan minyak PTTEP mengabaikan proses penyelesaian pencemaran Laut Timor.

“Di sisi lain, perusahaan pencemar asal Thailand, PTT Exploration and Production (PTT EP) Australasia, tidak diberi sanksi apapun oleh kedua negara terkait musibah pencemaran minyak terbesar di Laut Timor itu. Kami minta dukungan internasional agar dapat menyuarakan persoalan ini agar segera teratasi,” kata Ketua YPTB, Ferdi Tanoni.

Ferdi Tanoni mengatakan, dia telah melepas  ratusan brosur tentang kasus pencemaran minyak di Laut Timor kepada peserta Sail Komodo. Ini dilakukan sebagai salah satu bentuk kampanye sekaligus meminta dukungan internasional.

Brosur yang disebarkan itu memuat tentang kebohongan perusahaan pencemar Laut Timor asal Thailand, PTT EP Australasia disertai foto tentang penyemprotan bahan kimia sangat beracun dispersant, oleh Otoritas Keselamatan Maritim Australia (AMSA) untuk tenggelamkan tumpahan minyak mentah dari permukaan air laut ke dasar laut.

“Atas nama rakyat Timor bagian barat Nusa Tenggara Timur, kami minta dukungan masyarakat dunia internasional agar dapat memberikan tekanan kepada Pemerintah Australia-Thailand-Indonesia dan PTT EP Australasia untuk segera menyelesaikan tragedi yang terlupakan itu,” katanya.

Mantan agen imigrasi Kedubes Australia itu menambahkan, petaka tumpahan minyak Montara empat tahun lalu di Laut Timor itu hendaknya dibuka secara transparan, kredibel dan independen agar dapat diketahui oleh dunia internasional untuk mencari solusi penyelesaiannya demi keselamatan umat manusia di Timor bagian barat NTT. (Sil Sega, sumber suaramerdeka.com)

Baca Juga :  BNPB Kirim 20 Ribu Lembar Masker untuk Korban Rokatenda

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button