Home / Sport / Gunung Ebulobo,Lewotolok dan Ile Werung Berstatus Waspada

Gunung Ebulobo,Lewotolok dan Ile Werung Berstatus Waspada

Bagikan Halaman ini

Share Button

ebulobo

Moral-politik.com. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Timur (NTT) diminta untuk terus memantau kondisi tiga gunung berapi di daerah tersebut yang oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM ditetapkan statusnya dari normal ke waspada.

Ketiga gunung berapi itu adalah Gunung Ebulobo di Kabupaten Nagekeo, Gunung Lewotolok atau  Ile Ape, dan Gunung Ile Werung di Kabupaten Lembata.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kemnterian ESDM, M Hendrasto ESDM dalam pertemuan penanggulangan bencana di Jakarta, Jumat kemarin.

Gunung Ebulobo, juga disebut Amburombu atau Keo Puncak, adalah gunung  stratovolcano simetris di tengah Pulau Flores, tepatnya di kabupaten Nagekeo. Gunung ini  memiliki puncak yang datar kubah lava dan berisi 250 m puncak kawah.

Tahun 1830, aliran lava, dikenal sebagai Watu Bev turun dari Utara di puncak dan mencapai 4  km panjang. Letusan kecil puncak terjadi pada tanggal 28 Februari 1969, di mana “api”, uap  dan abu dilaporkan muncul dari puncak gunung ini.

Sedangkan Gunung Lewotolok di Kabupaten Lembata, tahun 2012 lalu statusnya pernah  ditingkatkan dari Waspada (Level II) menjadi Siaga (Level III). Pemantauan secara visual aktivitas Gunung Lewotolok dilakukan secara kontinyu dari Pos PGA di Desa Laranwutun.

Sementara Gunung Ile Werung, juga di Kabupaten Lembata statusnya dinaikan dari  normal ke waspada sejak awal pekan ini, bersamaan dengan meningkatnya aktivitas Gunung Hobalt

Sehubungan dengan peningkatan status tersebut, maka Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana  Geologi akan meningkatkan pemantauan secara intensif guna melakukan evaluasi kegiatan ketiga
gunung tersebut.*** (AVI)

Baca Juga :  DPR Minta Pesawat Jenis M 60 Tidak Lagi Beroperasi di NTT

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button