Home / Pena_VJB / Gunung Hobalt di NTT Meletus, BPBD Kirim Tim Pantau

Gunung Hobalt di NTT Meletus, BPBD Kirim Tim Pantau

Bagikan Halaman ini

Share Button

7

foto: gunung hobalt

 

Moral-politik.com. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lembata, sudah mengirimkan dua tim ke lokasi  yang dekat gunung itu, untuk memantau perkembangan Gunung Hobalt dan memantau aktivitas  Gunung Ili Werung yang statusnya menjadi Level II atau Waspada sejak Senin malam, pukul 19.00  Wita.

Wakil Bupati Lembata, Viktor Mado Watun yang dihubungi Moral-politik.com dari Kupang, mengatakan sesuai  penyampaian dari Badan Geologi Bandung, kedua gunung berapi yang ada di Kabupaten Lembata itu  semakin meningkat aktivitasnya, khususnya Gunung Hobalt yang meletus Senin kemarin.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Lembata mengeluarkan imbauan kepada para nelayan yang ada di pesisir selatan pulau itu, untuk tidak mendekati  Gunung Hobalt, sebuah gunung bawah laut yang meletus Selasa (20/8) pukul 08.13 Wita.

“Nelayan juga diminta untuk tidak melaut di daerah dekat letusan gunung itu, karena lokasi itu hanya dapat diketahui dari gelembung-gelembung  disekitarnya,” katanya.

Dia menuturkan,  Badan Geologi juga telah mengeluarkan rekomendasi, masyarakat khususnya para nelayan menghindari radius 2 kilo meter dari gunung api itu. Daerah yang berbahaya adalah Desa  During, Lamanunang dan Waiteba.

Kata dia, hingga saat ini Badan Geologi belum melakukan pengukuran kedalaman puncak Gunung  Hobalt. Namun, permukaan laut di atas posisi Gunung Hobalt itu berwarna kehijauan sehingga  mengindikasikan lokasinya hanya belasan meter di bawah permukaan laut.

“Diduga letak puncak Gunung Hobalt tidak begitu dalam, mengingat gelembung dan sinar api di  permukaan laut di atas gunung api itu saat erupsi hari ini,” tambahnya.*** (AVI)

Baca Juga :  10 Ribu Kelompok Ampera Kepung Polres, Kejaksaan dan DPRD Rote Ndao

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button