Home / Sport / Hadapi Lebaran, BI Siapkan Rp 927,50 Miliar

Hadapi Lebaran, BI Siapkan Rp 927,50 Miliar

Bagikan Halaman ini

Share Button

3

 

Moral-politik.com. Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Nusa Tenggara Timur menyiapkan uang sebesar Rp 927,50 miliar guna memenuhi  kebutuhan uang untuk transaksi warga menjelang dan saat hari raya Idul Fitri 1434 Hijriah.

“Kita siap melayani kebutuhan transaksi masyarakat untuk kelancaran sistem pembayaran tunai dan non tunai di bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri nanti,” kata Deputi Perwakilan Kantor Bank Indonesia Nusa Tenggara Timur Samuel Djoh di Kupang, Kamis (1/8).

Dia mengakui, BI sudah melakukan berbagai langkah dalam upaya memenuhi kebutuhan uang tunai  yakni dengan mengoptimalkan distribusi dan persediaan uang tunai di Kantor Perwakilan BI.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, selama periode Ramadhan dan Idul Fitri, umumnya terjadi  peningkatan kebutuhan uang tunai dan sistem pembayaran non tunai. “Untuk kebutuhan uang  masyarakat saat lebaran kita sudah siap untuk penuhi kebutuhannya. Seperti kondisi sebelumnya  pada saat lebaran dan natal kita selalu melakukan langkah antisipasi,” katanya.

Menurut Samuel, tahun ini diperkirakan akan terjadi peningkatan kebutuhan uang tunai dan sistem pembayaran non tunai jika dibandingkan tahun 2012, karena selain Ramadhan dan Idul
Fitri, ada pula pembayaran gaji ke-13 bagi PNS/TNI/Polri dan Bantuan Langsung Sementara  Masyarakat (BLSM).

Dia mengatakan, untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan tersebut, Kantor Perwakilan BI NTT telah menyiapkan persediaan uang tunai sebesar Rp927,50 miliar yang terdiri dari Uang Pecahan  Besar (UPB) Rp854,51 miliar dan Uang Pecahan Kecil (UPK) berjumlah Rp72,99 miliar.

Kantor Perwakilan  BI NTT memproyeksikan, kebutuhan uang masyarakat periode Ramadhan dan Idul  Fitri 2013 sebesar Rp679,18 miliar atau meningkat sebesar Rp176,18 miliar dibandingkan dengan
realisasi di tahun 2012.

“Kebutuhan uang pecahan besar diproyeksikan sebesar Rp655,46 miliar dan uang pecahan kecil  diproyeksikan sebesar Rp17,50 miliar. Persediaan uang saat ini mencapai Rp 927,50 miliar dinilai sangat mencukupi dalam memenuhi proyeksi kebutuhan uang periode Ramadhan dan Idul  Fitri 1434 baik dari sisi jumlah total maupun jumlah per pecahan,” katanya.*** (AVI)

Baca Juga :  KPU TTU Sedang Lakukan Penyusunan DPS

 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button