Home / Pena_VJB / Heribertus Soba: Pemprov NTT Harus Manfaatkan Momentum Sail Komodo!

Heribertus Soba: Pemprov NTT Harus Manfaatkan Momentum Sail Komodo!

Bagikan Halaman ini

Share Button

5

 

Moral-politik.com. Pengamat pariwisata, Heribertus Soba mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT), diharapkan mampu memanfaatkan momentum pelaksanaan Sail Komodo 2013, sebagai entry point untuk pengembangan pariwisata daerah ini.

“JIka pemerintah NTT bertekat mengembangkan ekonomi biru dengan sektor kelautan dan perikanan serta pariwisata sebagai lokomotif, momentum tersebut tidak boleh disia-siakan,” katanya kepada Moral-politik.com di Kupang, Senin (5/8).

Heribertus menuturkan, melalui Sail Komodo 2013 kedua potensi tersebut dapat  dimanfaatkan seoptimal mungkin sebagai sumber penghidupan rakyat dan sumber pembangunan daerah yang berkelanjutan.

Menurutnya, potensi wisata yang dimiliki NTT belum digarap serius oleh pemerintah daerah dan pelaku pariwisata. Dengan beraneka ragam keunikan potensi tersebut bisa menjadikan NTT sebagai destinasi utama pariwisata dunia.

“Lihat saja, betapa kayanya potensi pariwisata NTT. Selain Binatang Purba Komodo, daerah ini punya Danau Tiga Warna Kelimutu, Taman Laut 17 Pulau Riung, Teluk Maumere, Kepulauan Alor dan Teluk Kupang yang pantas dijual,” ujar Heribertus yang juga wartawan senior Harian Sore Suara Pembaruan ini.

Kecuali itu, katanya, NTT memiliki potensi wisata budaya yang unik dan beragam seperti di Pulau Sumba, Timor dan Flores. Lebih dari itu, ada juga pesona tenun ikat dari berbagai daerah dengan beragam corak yang khas.

Dia memaparkan, pengalaman menunjukkan, kegiatan Sail yang dilakukan sejak lima bahkan 10 tahun lalu berdampak positif bagi pengembangan wisata bahari, apalagi Sail melibatkan peserta lebih dari 26 negara.

“Ada beberapa point yang perlu menjadi perhatian kita antara lain kesiapan lokasi tambat labuh peserta Yacht Rally, kesiapan bea cukai, imigrasi, karantina, pelabuhan serta kesiapan infrastruktur pendukung di daerah- daerah yang menjadi destinasi,” paparnya.***

Baca Juga :  Lukas: 6 Kasus Pelanggaran Pilkada NTT Harus Diusut Tuntas!

 

 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button