bendung

foto: area rencana pembangunan waduk kolhua

Moral-politik.com. Tim Komisi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia ( Komnas HAM) menurut rencana akan turun ke Kota  Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk melakukan investigasi terkait rencana pembangunan  Waduk Kolhua.

Wakil Walikota Kupang, Hermanus Man kepada Moral-politik.com di Kupang, Jumat (16/8) mengatakan, pihaknya sudah mendapat surat pemberitahuan resmi dari Komnas HAM terkait rencana tersebut.

“Tim itu akan turun ke Kota Kupang pada 25 Agustus 2013 mendatang, Silahkan saja mereka  datang. Biar semua persoalan yang berkaitan dengan rencana pembangunan waduk itu menjadi  jelas,” katanya.

Menurutnya, sebetulnya belum ada indikasi pelanggaran HAM terkait rencana pembangunan Waduk  Kolhua. Masyarakat sekitar pun tidak dirugikan, karena semuanya baru sebatas rencana dan  tentunya harus melewati  berbagai pentahapan termasuk  meminta persetujuan pemilik tanah yang  lahannya akan dijadikan lokasi waduk.

Kata dia, Pemerintah Kota Kupang justru merasa senang jika Tim Komnas HAM datang langsung dan  bertemu dengan masyarakat Kelurahan Kolhua, sehingga semua permasalahan menjadi jelas dan
tidak ada yang harus ditutup-tutupi.

Rencana  pembangunan Waduk Kolhua, tambah dia, akan menampung sekitar 7 juta meter kubik air dengan luas genangan 81 hekatare. Dengan kapasitas tampung seperti itu, kesulitan air yang dikeluhkan masyarakat Kota Kupang dan sekitarnya selama ini bisa teratasi.

“Pemenuhan kebutuhan air baku untuk Kota Kupang, merupakan prioritas utama, karena selama ini  jangkauan pelayanan PDAM Kupang belum bisa memenuhi kebutuhan penduduk Kota Kupang, yang  jumlahnya sudah mencapai 500 ribu lebih jiwa it,” paparnya.***(AVI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 50 = 58