Home / Sport / HUT RI ke-68, Napi Korupsi dan Narkoba tak Dapat Remisi

HUT RI ke-68, Napi Korupsi dan Narkoba tak Dapat Remisi

Bagikan Halaman ini

Share Button

2

 

 

Moral-politik.com. Seperti biasanya menjelang hari raya lebaran, atau menjelang hari raya kemerdekaan Republik Indonesia (RI), setiap nara pidana mendapatkan remisi dari Lembaga Pemasyarakatan yang dihuni, namun tidak bagi Napi Korupsi dan Narkoba.

 Narapidana (Napi) dengan kasus korupsi dan Narkoba yang ada di 18 lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan di Nusa Tenggara Timur (NTT) tidak menerima remisi.

“Kami sudah usulkan agar napi korupsi dan narkoba juga diberikan remisi, namun belum diakomodir hingga saat ini,” kata Kepala Bagian Humas Kantor Wilayah Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), Yustina Lema Sarong, Jumat (16/8).

Menurutnya, remisi kemerdekaan ke-68 ini  hanya diberikan kepada 1.892 narapidana. Dari jumlah itu sebanyak 94 napi langsung bebas.

Dia menjelaskan, dari sebanyak 1.892 napi itu,1.798 napi mendapat remisi antara satu sampai tiga bulan, sedangkan 94 diantaranya langsung dinyatakan bebas.

Kepala Seksi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik Lapas Klas IA Penfui Kupang, Ade Goku mengatakan, remisi kemerdekaan yang diusulkan sebanyak 461 orang, namun yang disetujui hanya 346 orang, 338 diantaranya masih menjalani hukuman, sedangkan delapan orang langsung bebas.

“Di Lapas ini hanya sebanyak 346 orang yang menerima remisi,” katanya.

Pihaknya juga mengusulkan 15 napi korupsi untuk mendapatkan remisi, namun hingga saat ini belum dikeluarkan keputusannya.

“Kami masih menunggu keputusan dari Kementrian Kumham,” katanya.  (richo)

 

 

 

Baca Juga :  Rino Gumpar: Kami Tak Bohongi Warga Fatukoa

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button