Home / Sport / Jelang Musim Hujan, Lapisan Sedimentasi Embung Harus Dikeruk

Jelang Musim Hujan, Lapisan Sedimentasi Embung Harus Dikeruk

Bagikan Halaman ini

Share Button

4

Moral-politik.com. Memasuki musim kering saat ini, Pemerintah Kabupaten Rote Ndao melalui instansi terkait supaya lakukan pengerukan terhadap lapisan sedimentasi yang ada pada sejumlah embung di wilayah Kabupaten Rote Ndao.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Rote Ndao, Ady Adu di Ba’a, belum lama ini.

Himbauan itu dikatakannya menyusul sejumlah embung yang ada di Kabupaten Rote Ndao, daya tampung airnya semakin berkurang akibat lapisan sedimen di dalam embung yang terus menebal.

Menurut dia, bila lapisan embung tersebut tak segera dikeruk dikuatirkannya, fungsi embung yang telahg dibangun dengan anggaran miliaran rupiah tersebut akan mubazir dan tidak optimal dalam mendistribusikan air ke areal persawahan milik warga.

“Ada banyak embung yang ada saat ini dipenuhi lapisan sedimentasi. Kalau tidak dikeruk menyebabkan daya tampung airnya berkurang, sehingga fungsinya tidak optimal,” katanya.

Selain berfungsi tidak optimal lanjut dia, dampak lain yang ditimbulkan nantinya adalah produksi pertanian di Kabupaten Rote Ndao akan menurun.

“Yang pastinya kalau daya tampungnya menipis menyebabkan embung cepat kering. Jangan sampai padi belum berumur dua bulan embung sudah kering, sehingga perlu diantisipasi secara dini,”ujar alumnus Fakultas Teknik Unwira Kupang ini. (lima)

Baca Juga :  Julianus Ikut USBN di Dalam Mobil

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button