Home / Sport / Kali Ini Rote Ndao Surplus Hasil Pertanian

Kali Ini Rote Ndao Surplus Hasil Pertanian

Bagikan Halaman ini

Share Button

5

 

Moral-politik.com. Seperti yang terjadi selama dua tahun belakangan, produksi pertanian di Kabupaten Rote Ndao dalam musim panen tahun 2013 mengalami surplus.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Rote Ndao, Bernard Haning kepada Moral-politik.com di ruang kerjanya belum lama ini.

Peningkatan produksi tersebut, kata Bernard, selain melalui keseriusan pemerintah dalam penyediaan benih juga penempatan tenaga penyuluh di sektor pertanian, serta bidang kehutanan, perikanan dan kelautan

“Penempatan tenaga penyuluh dilakukan dengan tujuan agar masyarakat bisa mendapatkan pendampingan dan arahan ketika alami kendala yang berkaitan dengan produksi pertanian,” kata Bernad.

Untuk meningkatkan produksi lanjut Bernad, pihaknya menempatkan tenaga penyuluh di setiap desa minimal satu desa satu orang tenaga penyuluh, khusus untuk desa yang potensial memiliki areal pertanian besar ditempatkan empat tenaga penyuluh.

“Hasil produksi setiap petani itu sudah memadai untuk memenuhi kebutuhan pangan dengan pola makan tiga kali sehari, dengan perbandingan pendapatan pertahun mencapai delapan puluh blek per tahun. Hal ini menunjukan, bila pada tahun 2014 nanti tingkat produksi rendah maka sudah ada stok cadangan pangan oleh petani,” terangnya.

Ditambahkannya, berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan Badan Pusat Statistik Kabupaten Rote Ndao menunjukan suprus pada tahun 2013 alami peningkatan menjadi tiga hingga empat ton per hektar.

“Kami akan terus berupaya tingkatkan kinerja penyuluh dan mengupayakan agar para penyuluh selalu bersinergi dalam mendampingi petani. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan produktifitas dan pemberdayaan hasil usaha petani di Kabupaten Rote Ndao,” tandasnya. (lima)

Baca Juga :  Manajemen PD Ita Esa Didesak Pertanggungjawabkan Dana Rp 500 Juta

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button