Home / Sport / Kegiatan Pemurnian Kerikil di Oemilan Dihentikan

Kegiatan Pemurnian Kerikil di Oemilan Dihentikan

Bagikan Halaman ini

Share Button

PEMURNIAN (8)

 

Moral-politik.com. Pemerintah Kabupaten Rote Ndao melalui Dinas Pertambangan dan Energi serta Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Rote Ndao, menghentikan aktivitas pemurnian hasil tambang galian C di Oemilan, Kecamatan Rote Barat Laut.

Penghentian itu dilakukan saat petugas dari kedua instansi itu melaksanakan inspeksi mendadak di lokasi pemurnian milik salah seorang pengusaha di Kabupaten Rote Ndao, Kamis (22/8).

Pantauan Moral-politik.com, Kasubag Bidang Peran Serta Masyarakat BLH Kabupaten Rote Ndao, Theodorus Toda dan Kepala Bidang Pertambangan pada Dinas Pertambangan dan energi Kabupaten Rote Ndao, Ismail Idris didampingi stafnya masing-masing tiba di lokasi itu sekitar pukul 10.00 wita.

Saat tiba di lokasi petugas kedua instansi itu hanya berhasil menemui buruh yang beraktivitas. Para buruh mengakui perusahan itu milik pengusaha atas nama Yohanis Bouk atau yang akrab disapa Ateam.

Usai memantau dan memeriksa dokumen pelaksanaan kegiatan itu ditemukan belum megantongi ijin resmi untuk operasional perusahan itu seperti Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan Hidup (SPPLH), Uji Kelayakan Lingkungan (UKL) dan analisi Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL).

Kepada petugas sejumlah buruh yang menangani administrasi perusahan mengakui hingga saat ini perusahan itu baru sebatas mengisi formulir penapisan bahan material yang akan dimurnikan.

Terhadap persoalan itu, Kasubag Bidang Peran Serta Masyarakat BLH Kabupaten Rote Ndao, Theodorus Toda pada kesempatan menyatakan menghentikan kegiatan pemurnian material itu.

Sebab menurutnya, seluruh aktivitas yang berkaitan dengan pengelolaan hasil tambang harus mengantongi ijin resmi. Menurutnya, pihak perusahan dapat melanjutkan operasionalnya bila sudah mengantongi ijin sesuai aturan yang berlaku.

Theodorus menambahkan, saat ini pihaknya menghentikan aktivitas operasional sambil menunggu inisiatif perusahan untuk memproses ijin-ijin terkait. (lima)

Baca Juga :  Mantan Pacar Ardina Rasti Divonis Bersalah

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button