Home / Pena_VJB / Kekerasan Militer Mesir Merambah Sampai Bakar Puluhan Gereja

Kekerasan Militer Mesir Merambah Sampai Bakar Puluhan Gereja

Bagikan Halaman ini

Share Button

10

 

 

Moral-politik.com. Kekerasan pihak militer yang menewaskan ratusan orang dari Kelompok Ikhwanul Muslimin, membuat umat Kristiani Mesir tertekan. Mereka memperkirakan akan menjadi target kekerasan sebagai buntut aksi brutal militer di Kairo, Mesir.

CNN melaporkan, ada lusinan gereja, rumah dan tempat usaha umat Kristiani yang diserang dalam 24 jam belakangan ini.
Uskup Angaelos, Kepala Gereja Orthodox Koptik di Inggris mengatakan, rekannya di Mesir melaporkan bahwa 52 gereja diserang dalam 24 jam sejak Rabu (14/8) pagi. Termasuk sejumlah rumah dan tempat usaha umat Kristiani di sejumlah daerah.

Ishak Ibrahim, seorang peneliti dari Inisiatif Mesir untuk Hak Pribadi kepada CNN mengatakan, ia telah mengonfirmasi soal adanya serangan terhadap 30 gereja. Selain gereja, serangan juga ditujukan kepada fasilitas gereja lainnya, sekolah-sekolah, dan pusat-pusat kebudayaan. Salah satu gereja yang dibakar adalah Gereja Saint George di Sohag, sebuah kota di bagian selatan Kairo yang dekat Sungai Nil.

Sampai saat ini belum jelas siapa yang bertanggung jawab atas kekerasan yang diarahkan kepada umat Kristen Ortodoks Mesir itu. Uskup Angaelos menggambarkan, kejadian itu belum pernah ada dalam sejarah kontemporer di Mesir. Tetapi, sejumlah pihak menuding pendukung Ikhwanul Muslimin yang perlu disalahkan.

Setidaknya 84 orang, termasuk anggota Ikhwanul Muslimin, telah dirujuk ke oditur militeratas tuduhan melakukan pembunuhan dan pembakaran gereja, demikian dilaporkan EGYNews, sebuah situs yang dikelola negara, Kamis (15/8). (Sumber: beritasatu.com)

Baca Juga :  Universitas Timor Serahkan Bantuan Bagi Korban Bencana Malaka

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button