Home / Sport / Kenaikan Harga Tahu Sesuai Kesepakatan Pengsaha

Kenaikan Harga Tahu Sesuai Kesepakatan Pengsaha

Bagikan Halaman ini

Share Button

3
 

 

Moral-politik.com. Rencana kenaikan harga tahu dan tempe sampai saat ini belum bisa dipastikan dinaikkan berapa persen, tergantung kesepakatan dengan pengusaha tahu lainnya. Untuk saat ini masih Rp 34 ribu/papan. “Kalau naik kita harus sama-sama, jangan menaikkan harga sendiri-sendiri, tapi sesuai kesepakatan,” papar Sularno saat ditemui Moral-politik.com di kediamananya.

Diakui Sularno, setiap harinya Ping Jaya bisa menghabiskan 100-150 kg kedelai atau 2-3 karung kacang kedelai untuk produksinya, dan proses pembuatan tahu atau tempe cukup lama, selain harus diaduk setelah hancur, juga harus didinginkan sampai mengental.

“Untuk membuat tahu dan tempe butuh proses yang lama,“ pungkasnya.

Pantauan di Pasar Inpres Naikoten, bentuk tahu dan tempe lebih kecil dibanding sebelumnya. Ketika dikonfirmasi kepada Maryati, pedagang tahu/tempe, ia mengakui bahwa potongan tahu/tempe saat ini lebih kecil.

“Mungkin karena harga kacang kedelainya mengalami kenaikan, jadi potongannya diperkecil. Tapi harga tahu dari pabrik tidak mengalami perbedaan, yakni Rp 35.000/papan,” ujar Maryati, seraya menambahkan, begitu juga dengan tempe, pembungkus plastik atau daun pisang yang digunakan lebih kecil.

Menurut Maryati, sering pembeli melontarkan protes dengan potongan tahu/tempe yang kecil ini, tapi setelah dijelaskan mereka mengerti.

“Kalau yang sudah mengetahui kalau harga kacang kedelai naik, dia tidak akan protes,” tambahnya. (ikzan).

Baca Juga :  Indonesian Herritage Trust Nobatkan Malang Sebagai Kota Pusaka Indonesia

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button