Home / Sport / Ketertiban Berlalu Lintas Cermin Sikap Masyarakat Setempat

Ketertiban Berlalu Lintas Cermin Sikap Masyarakat Setempat

Bagikan Halaman ini

Share Button

25

 

 

Moral-politik.com. Ketertiban berlalu lintas di sebuah kota menjadi gambaran sikap masyarakat kota setempat. Bila kondisi lalu lintas yang amburadul, maka kota tersebut juga dinilai tidak tertib dalam berbagai aspek.

Direktur Lalu Lintas Polda NTT, Kombes Pol Teguh Dwi Warsono kepada Moral-politik.com, Selasa (27/8/2013)  mengatakan, lalu lintas bisa menjadi gambaran tertib atau gambaran kehidupan masyarakat setempat. Jika tertib berlalu lintas maka diyakini bahwa masyarakat tersebut juga sangat tertib.

Dia menjelaskan, pada umumnya orang NTT sudah tertib berlalu lintas, namun ada beberapa oknum yang melanggar ketertiban berlalu lintas di jalan raya. “Kesadaran berlalu lintas semestinya menjadi tanggung jawab setiap orang. Minimal setiap diri bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri,” kata Teguh.

Teguh  mengatakan, upaya untuk menyadarkan tentang tertib berlalu lintas perlu terus dilakukan, termasuk fasilitas yang layak guna terciptanya ketertiban, kelancaran dan keamanan dalam berlalu- lintas. Menurutnya, kalau semua sepakat, sebenarnya tidak sulit untuk menjaga ketertiban berlalu lintas.

Teguh mengatakan hal yang sulit adalah apabila ada orang- orang tertentu tak mengindahkan aturan-aturan yang ada di jalan. Itu memang sebagian kecil saja, tapi seseorang yang melakukan pelanggaran di bidang lalu lintas bisa menimbulkan kemacetan dan kecelakaan.

“Untuk itu, saya mengimbau, marilah semua sama-sama menjadi pelopor, menjadi suri teladan di bidang lalu lintas. Kalau semua stakeholder dan masyarakat tahu itu, maka semua akan tertib,” katanya. (richo)

Baca Juga :  Bibit Pertanian Akan Dijual dengan Harga Subsidi

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button