Home / Sport / Ketua KPU Nagekeo Dipecat, KPU NTT Ambil Alih Tugas

Ketua KPU Nagekeo Dipecat, KPU NTT Ambil Alih Tugas

Bagikan Halaman ini

Share Button

1

 

 

Moral-politik.com. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nusa Tenggara Timur (NTT) akhirnya mengambil alih proses Pemilu Kepala Daerah (Pilkada)  Nagekeo, setelah ketua dan anggota KPU setempat dipecat oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

“Kami yang akan mengambil alih penyelenggaraan pilkada Nagekeo,” kata Ketua KPU NTT, Jhon Depa kepada wartawan di Kupang, Jumat (2/8).

DKPP memecat lima anggota KPU Nagekeo, karena dinilai melakukan pelanggaran kode etik berkaitan dengan sengketa pilkada Nagekeo periode 2013- 2018.

Menurut Jhon, pihaknya telah menggelar rapat untuk menindaklanjuti keputusan DKPP itu, sehingga tidak mengorbankan pilkada di daerah itu.

Tugas dan wewenang KPU Kabupaten, katanya, sangat luas, termasuk penyelenggaraan pemilu legislatif yang sudah memasuki tahap pencalonan anggota legislatif.

”Pengambi-alihan tugas KPU Nagekeo itu tidak hanya berkaitan dengan penyelenggaraan pilkada tahap dua,” katanya.

Pengambilalihan tugas ini, lanjutnya, akan dilakukan hingga pelantikan lima anggota komisoner yang baru. Anggota KPU kabupaten/kota di NTT termasuk Nagekeo sedang dalam proses perekrutan anggota komisioner.

“Komisoner KPU Nagekeo saat ini vakum pasca pemecatan oleh DKPP, diharapkan ada pertimbangan khusus,” katanya.

Sehubungan dengan keterangan pers Ketua KPU NTT, hingga kini mantan anggota KPU Nagekeo, Marianus Ritan belum berhasil dihubungi Moral-politik.com.  (richo)

Baca Juga :  Pekerjaan Bandara Udara D.C Saudale hampir rampung

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button