Home / Sport / KPU NTT Tetapkan Pilkada Nagekeo Putaran Kedua

KPU NTT Tetapkan Pilkada Nagekeo Putaran Kedua

Bagikan Halaman ini

Share Button

9

 

Moral-politik.com. Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Nagekeo telah memutuskan, pelaksanaan Pilkada putaran kedua pada 23 September 2013 mendatang, setelah melewati beberapa  tahapan persiapan.

Ketua KPU NTT, Johanes Depa kepada Moral-politik.com di Kupang, Senin (26/8) mengatakan, pasca seluruh  komisioner KPU Nagekeo dipecat Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) pada 1 Agustus lalu, seluruh aktivitas KPU Nagekeo diambil alih KPU NTT.

Dia mengatakan, ada dua agenda KPU NTT di Nagekeo yakni mempersiapkan penyelenggaraan Pilkada putaran kedua tersebut, dan menetapkan daftar calon tetap (DCT) anggota legislatif setempat.

“Khusus untuk penggunaan dana, sudah ada kesepakatan bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)  Perwakilan NTT, agar audit penggunaan dana dilakukan setelah Pilkada putaran kedua selesai sehingga KPU saat ini fokus menggelar  Pilkada,” katanya.

Dia menjelaskan, Pilkada putaran kedua Nagekeo akan diikuti pasangan Elias Djo-Paulinus  Nuwa Veto dan pasangan Servasius Podhi-Ibrahim Jusuf. Pada Pemilukada putaran pertama  pasangan Elias-Paulinus atau Lilin meraih 19.354 suara atau 28,62 persen dari 67.628 suara  sah yang masuk ke KPU. Kemudian pasangan Servasius-Ibrahim atau Serius mengumpulkan 13.188  suara (19,50%).

Dia menuturkan, pemecatan lima komisioner KPU Nagekeo dilakukan setelah tiga pasangan calon  yang bertarung pada Pilkada putaran pertama menggugat KPU ke Mahkamah Konstitusi.

“Tiga pasangan calon tersebut juga melaporkan dugaan keberpihakan KPU terhadap pasangan calon  bupati tertentu yang berujung pemecatan. Anggota KPU juga dilaporkan melakukan sejumlah
kecurangan selama proses pemilukada,” ujarnya.

Tiga pasangan calon bupati yang menggugat KPU ialah Johanes Don Bosco Do-Gaspar Batu Bata,  Lukas Aloysius Tonga-Yosep Djuwa Dobe Ngole, dan Piet Nuwa Wea-Florentinus
Pone.*** (AVI)

Baca Juga :  Surat Penangguhan Penahanan Daniel Adoe masih dikaji

 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button