Home / Sport / KPU Rote Ndao Gelar Debat Publik Cabup dan Cawabup

KPU Rote Ndao Gelar Debat Publik Cabup dan Cawabup

Bagikan Halaman ini

Share Button

FOTO DEBAT KANDIDAT

 

 
Moral-politik.com. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rote Ndao bekerjasama dengan Radio Swara Malole menggelar debat kandidat antara pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang berlangsung di Hotel Videsy Ba’a, Kamis (1/8) siang.

Dalam kegiatan yang berlangsung sejak pukul 14.00 Wita hingga pukul 17.00 Wita tersebut, dipandu dua moderator yakni Ina Djara dari TVRI Kupang dan Aser Rihi Tugu dari RRI Kupang.

Sedangkan panelis dalam acara tersebut diantaranya Rektor Unstar Rote, DR.Ir.Jamin Habid, MM, Ir.Zeth Malelak, M.Si dan Hengki Ndolu, SH, MH dari UKAW Kupang. Sementara mewakili KPU NTT yakni Tantris Luturmas Adu, SE, M.Si dan Gasim Nur, S.Pd.

Kegiatan yang diikuti lima pasangan calon masing-masing Maks Oder Sombu, SH, MA-Ir.Marthen L. Mulik, P.hD (Paket Omega), Christian P.Manubulu, BA – Drs.Melyanus F.J.Mandala (Pasti), Drs.Leonard Haning, MM-Jonas Ch. Lun, S.Pd (Lentera), Drs.Elisa Suki-Drs.Marthen L. Henuk, MH (Sama) dan Drs.David Detaq-Ir.Alfred Alfonso Bessie (Debes) disaksikan pendukung masing-masing pasangan calon.

Ketua KPU Rote Ndao, Berkat F. Ngulu, SH dalam sambutannya saat pembukaan kegiatan itu mengatakan, pelaksanaan debat kandidat itu merupakan bagian dari tahapan Pilkada yang telah ditetapkan pihaknya.

“Kegiatan ini merupakan konsep cerdas berkaitan dengan visi dan misi dari masing-masing pasangan calon. Melalui kegiatan ini masyarakat diharapkan mengetahui komitmen dari calon atas visi dan misinya,” tandas Ngulu.

Ngulu juga mengingatkan kelima pasangan calon agar turut serta dalam menciptakan Pemilukada yang aman dan damai.
“Masing-masing pasangan calon agar menghimbau para pendukungnya supaya tidak melaksanakan aktivitas yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat,” harapnya.

Rektor Unstar Rote, DR.Ir.Jamin Habid, MM selaku panelis pertama yang mengajukan pertanyaan pembuka dalam kegiatan yang dikawal secara ketat oleh pihak Kepolisian dan Brimoda NTT itu, mempertanyakan soal kebijakan anggaran dari masing-masing pasangan calon agar proporsional dan menjawab visi dan misi.

Baca Juga :  Temui Dokter Jika Terjadi Disfungsi Ereksi

Selain itu, Jamin juga mempertanyakan langkah-langkah yang akan dilakukan sehingga memperkokoh hubungan kemitraan dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) agar kebijakan anggaran pemerintah mendapat respon yang baik dari para wakil rakyat.

Disamping itu, para kandidat juga dimintanya agar menyampaikan persoalan pelayanan di Kabupaten Rote Ndao di masa lalu, dan langkah konkret yang akan dilakukan terhadap persoalan-persoalan tersebut.

Sedangkan Zeth Malelak lebih menekankan langkah nyata para kandidat terhadap sektor pertanian di Kabupaten Rote Ndao. Sementara Hengki Ndolu, SH, MH mempertanyakan soal upaya nyata terhadap praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) serta upaya pemberdayaan terhadap masyarakat.

Tantris Luturmas Adu, SE, panelis lainnya mengingatkan masing-masing pasangan calon soal kebijakan yang berpihak kepada perempuan. Sedangkan Gasim M. Nur lebih menekankan soal kriteria penentuan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (PPO) Kabupaten Rote Ndao sehingga dapat bekerja optimal untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Menanggapi pertanyaan dari masing-masing panelis, para kandidat menyampaikan argumentasi cukup alot dan diselingi teriakan dari audience yang menyaksikan kegiatan tersebut. (lima)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button