Home / Sport / Maks Oder Sombu: Omega akan akhiri dikotomi antara Timur dan Barat

Maks Oder Sombu: Omega akan akhiri dikotomi antara Timur dan Barat

Bagikan Halaman ini

Share Button

 

 

 

 

FOTO DEBAT KANDIDAT

Moral-politik.com. Keberhasilan pelaksanaan pembangunan sebuah daerah tak hanya dapat dilakukan oleh satu orang tetapi dibutuhkan partisipasi oleh seluruh komponen masyarakat. Kegagalan pelaksanaan pembangunan akan terjadi bila tidak mendapat dukungan masyarakat dan stake holder lainnya dalam suat daerah.

Minimnya dukungan publik terhadap seluruh terobosan pembangunan sang pemimpin bila tekad itu masih memboncengi kepentingan pragmatis serta dikotomi pembangunan antara wilayah dalam suatu daerah.

Hal ini dikemukakan calon Bupati Rote Ndao, Maks Oder Sombu, SH, MA saat menjawab pertanyaan lima panelis pada acara debat kandidat yang digelar Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rote Ndao bekerjasama dengan Radio Swara Malole di Hotel Videsy Ba’a, Kamis (1/8) siang.

Calon Bupati yang berpasangan dengan calon Wakil Bupati Rote Ndao, Dr.Marthen L. Mulik ini menyatakan bertekat untuk melaksanakan pembangunan yang berkeadilan.

Menurut Maks, semenjak berdiri menjadi daerah otonom, pembangunan di Kabupaten Rote Ndao alami peningkatan namun tidak signifikan. Hal itu kata Maks disebabkan karena masih ada dikotomi antara Timur dan Barat.

“Kehadiran omega untuk mengakhiri segala dikotomi pembangunan di wilayah Rote Ndao. Kami akan menghentikan segala praktek diskriminasi dalam pembangunan,” tandasnya.

Untuk membangun Kabupaten Rote Ndao kata Maks, paket Omega menawarkan empat tekad yakni penciptaan pemerintahan yang bersih dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, peberdayaan ekonomi kerakyatan, pembangunan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas serta penyediaan sarana transportasi dan infrastruktur.

“Kami akan mewujudkan sebuah pemerintahan yang bebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme, kami maju karena rakyat menghendaki untuk terciptanya pemerintahan yang bersih yakni bebas dari praktek KKN, kami akan tumpas praktek KKN hingga tuntas,” tandasnya.

Baca Juga :  Hari Ini Pilkada Nagakeo Putaran Kedua

Sementara berkaitan dengan pemberdayaan ekonomi kerakyatan, pihaknya akan berupaya untuk mengoptimalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Rote Ndao untuk kepentingan rakyat.

“Saatnya APBD untuk rakyat, APBD untuk rakyat, kami tidak akan ambil apa-apa dari situ. Kami akan mencukupkan diri kami dengan apa yang menjadi hak kami dan tidak akan mengambil apa yang menjadi hak rakyat,” ungkapnya.

Kebuntuan pelaksanaan pembangunan serta kesenjangan perekonomian rakyat akan terjadi bila APBD secara proporsional tidak dikembalikan ke rakyat.

“Pembangunan yang berlandaskan keadilan dan kesetaraan adalah keharusan sehingga dikotomi antara Timur dan barat sudah saatnya untuk dihapuskan. Kami menyatakan akan mewujudkan pengembangan ekonomi rakyat, yang unggul dan tangguh,” tandasnya.

Sementara Wakil Bupati Rote Ndao, Dr.Marthen L. Mulik menjelaskan dua tekad paket tersebut yakni penciptaan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas serta penyediaan infrastruktur yang baik.

Marthen mengatakan bangga dengan prosentase pendidikan di Kabupaten Rote Ndao terutama jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang tiga tahun terakhir berturut-turut menempati rangking satu sebagai lulusan terbaik di tingkat provinsi Nusa Tenggara Timur.

Namun demikian dirinya mengaku sedih dengan kondisi dimana, tamatan SMA asal Kabupaten Rote Ndao yang mengikuti seleksi masuk di Universitas Nusa Cendana Kupang terkesan tak mampu bersaing dengan calon mahasiswa asal kabupaten lainnya di NTT.

“Yang guru jadilah guru yang profesional sehingga terwujud SDM yang unggul dan profesional. Kabupaten Rote Ndao menempati rangking satu luusan SMA di NTT, ternyata lulusan yang baik ini, saya sedih dengan kondisi ini,” ujarnya.

Untuk mewujudkan Rote Ndao yang unggul di bidang pendidikan, lanjut Marthen, pihaknya bertekad untuk membangun sekolah unggul di Kabupaten Rote Ndao.

Baca Juga :  Lurah Oesapa Selatan Diganti

“Mari kita bangun sekolah unggul supaya anak-anak bisa bersaing. Kita kirim anak yang cerdas dan pandai ke seluruh dunia. Kami bertekad untuk mencari sumber beasiswa sehingga anak-anak kita yang pintar bisa mengenyam pendidikan di luar negeri,” terangnya.

Sedangkan dalam kaitannya infrastruktur, pihaknya berjanji akan menyediakan infrastruktur yang memadai sehingga dapat menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Kalau infrastruktur transportasi yang ada ditingkatkan statusnya maka Rote Ndao menjadi daerah tujuan wisata. Disamping itu distribusi barang dan jasa tak lagi terhambat,” terangnya.(lima)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button