Home / Sport / Marsel Raja Minta Polisi Utamakan Kasus Traffiking

Marsel Raja Minta Polisi Utamakan Kasus Traffiking

Bagikan Halaman ini

Share Button

Marsel Radja, SH (3)4

Moral-politik.com. Penegak hukum di Nusa Tenggara Timur (NTT)  diminta untuk selalu mengutamakan kasus-kasus trafikcing yang selama ini dilaprokan oleh keluarga korban maupun korban itu sendiri.

Marsel Radja, salah satu pengacara kondang Kota Kupang mengatakan, penegak hukum yakni polisi harus benar-benar mengutamakan kasus traffiking yang dilaporkan korban maupun keluarga korban. Hal ini karena kasus trafikcing merupakan kasus yang menyangkut masalah kemanusiaan.

“Saya minta penegak hukum khususnya polisi mengutamakan kasus traffiking yang dilaporkan korban maupun keluarga korban, karena kasus itu bersentuhan langsung dengan kemanusiaan, sehingga polisi harus sensitif,“ kata Marsel Radja di Kupang, Jumat (2/8).

Dalam menangani kasus traffiking, polisi harus benar-benar sensitif dan peka terhadap kasus tersebut. Selain itu pihak kepolisian juga harus berupaya keras dalam mengumpulkan bukti-bukti yang kuat untuk mengusut tuntas kasus tersebut.

Menurutnya, dalam kasus itu pihak kepolisian juga jangan bekerja sendiri namun pihak kepolisian juga harus berkoordinasi dengan lembaga hukum lainnya dalam mengusut tuntas kasus tersebut. Yang terpenting untuk mengusut tuntas kasus itu adalah komunikasi,“ katanya.

Dikatakannya untuk mengusut tuntas kasus traffiking itu, pihak kepolisian harus memiliki tim penyidik khusus. Jangan seluruh tim penyidik polisi turut terlibat hal itu akan menyulitkan pengungkapan kasus tersebut.

“Polisi harus punya tim penyidik yang khusus untuk kasus traffiking, dan itu penyidik khusus untuk kasus traffiking, jangan penyidik Tipikor dan penyidik kasus Pidum digabung menjadi satu, itu akan sulit,” katanya.

Mengenai alasan polisi kekurangan personil, Marsel mengatakan sebenarnya itu bukanlah masalah. Yang menjadi masalah adalah bagaimana pihak kepolisian itu melakukan koordinasi dengan lembaga hukum lainnya. Karena koordinasi itu sangat penting. (richo)

Baca Juga :  Sekda Belu Lepas Peserta Festival Budaya

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button