Home / Sport / Meletusnya Gunung Rokatenda: 437 Warga Palue Dievakuasi ke Maumere

Meletusnya Gunung Rokatenda: 437 Warga Palue Dievakuasi ke Maumere

Bagikan Halaman ini

Share Button

pengungsi-1

foto: masyarakat palue diungsikan ke Maumere (gambar diambil oleh Viky di pantai cua, minggu 11/8)

 

 

Moral-politik.com. Sebanyak 437 warga Pulau Palue, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), hingga Senin (12/8) dievakuasi ke Kota Maumere, ibu kota kabupaten tersebut, akibat letusan Gunung Rokatenda.

Pemerintah Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), mengirim dua kapal tambahan untuk mengevakuasi warga dari empat desa di Pulau Palue korban meletusnya Gunung Roaktenda, sabtu pekan lalu.

“Untuk sementara mereka kita inapkan di kompleks kantor Bappeda dengan mendirikan sembilan  buah tenda. Rencananya, petang ananti sebagiannya akan dipindahkan ke gedung kantor Bupati Sikka pertama,” kata Bupati Sikka, Yoseph Ansar Rera yang dihubungi Moral-politik.com, Senin (12/8).

Dia menjelaskan, pengungsi yang dievakuasi itu berasal dari Desa Rokirole dan Nitunglea. Dari jumlah pengungsi tersebut, ada tiga korban luka bakar akibat semburan abu vulkanik, tiga ibu  hamil dan dua penderita cacat fisik.

Menurut dia, jumlah penduduk di Pulau Palue mencapai 10 ribu jiwa yang terdiri dari delapan  desa, namun hanya empat desa yang terkena dampak yakni Nitunglea, Rokirole, Lidi dan Kesokoja
dengan jumlah penduduk 5.315 jiwa, terdiri dari desa Lidi, 1430 jiwa. Nitunglea, 1068 jiwa, Rokirole, 1.501 jiwa, dan Kesokoja 1316 jiwa.

Dari jumlah itu yang sudah diungsikan sejak Oktober 2013 di Maumere sebanyak 375 kepala  keluarga atau 1337 jiwa. Sedangkan Kabupaten Ende, 407 kk, atau 1.417 jiwa.

Gunung Rokatenda di Pulau Palue, Kabupaten Sikka meletus, Sabtu, 10 Agustus 2013 dan  menyemburka abu vulkanik dengan ketinggi antara 1500- 2000 meter dari puncak Rokatenda.  Letusan itu menyebabkan lima warga desa Rokirole tewas tersapu awan panas.*** (AVI)

Baca Juga :  Penangkapan Paksa Aiptu LS Karena Mangkir dari Panggilan

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button