Home / Sport / Menko Kesra Lepas Yacht Rally Sail Komodo 2013

Menko Kesra Lepas Yacht Rally Sail Komodo 2013

Bagikan Halaman ini

Share Button

agung

 

Moral-politik.com. Bertempat di Pantai Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Menteri Koordinatot Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) H.R Agung Laksono, Minggu (4/8) secara resmi melepas Yacht Rally Sail Komodo 2013.

Pelepasan tersebut, menurut Agung Laksono, merupakan kegiatan inti dari semua rangkaian Sail Komodo 2013 yang akan diikuti oleh 106 Yachter dari 26 Negara, yang saat ini sudah memasuki peraiaran Indonesia sejak 27 Juli 2013 lalu.

Acara yang juga dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif Cicip Sutarjo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu serta sejumlah pejabat di lingkungan pemerintah daerah setempat, Agung Laksono selaku Ketua Pengarah Sail Komodo 2013 mengatakan, event tersebut sangat berarti sejalan dengan amanat Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) Koridor V yang mencakup Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan NTT.

“Sail Komodo 2013 satu dengan semangat pembangunan kelautan,termasuk wisata bahari sesuai dengan tujuan penyelenggaraannya, yaitu mempromosikan NTT sebagai destinasi utama pariwisata dunia!” katanya.

Menurutnya, pemerintah ingin mengembangkan rute pelayaran kapal-kapal dan yacht ke perairan NTT. Hal ini terbukti dengan menjadikan Kupang sebagai entry point karena wilayah ini adalah gerbang selatan perairan Laut Indonesia.

Dia menjelaskan, momentum Sail Komodo 2013 juga menjadikan NTT The Best Sailing Passage, mengingat potensi besar yang dimiliki daerah ini baik di sektor kelautan dan perikanan serta sektor pariwisata.

“Melalui Sail Komodo 2013 diharapkan potensi kelautan dan perikanan di NTT dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin sebagai sumber penghidupan rakyat dan sumber pembangunan daerah yang berkelanjutan,” kata dia.

Dia menambahkan, dengan dibaginya dua jalur bagi para yachter yang saat ini sudah ada di Kupang, dipastikan mereka dapat memikmati eksotisme alam NTT sehingga mendampak langsung bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat pesisir, yang tinggal di wilayah setempat.

Baca Juga :  Pemprop Gelontorkan 4 M, Bebaskan Lahan Bendungan Kolhua

Agung Laksono juga meminta tiga operator Sail yakni Sail Indonesia, Baxck to Down Under Rally dan Darwin Ambon Yacht Rally menghadirkan seluruh yachter pada acara puncak Sail Komodo pada 14 September 2013 mendatang di Labuan Bajo,Manggarai Barat, yang akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.***(AVI)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button