Home / Pena_VJB / Muda-mudi Katholik Ikut Meriahkan Takbiran di Kefamenanu

Muda-mudi Katholik Ikut Meriahkan Takbiran di Kefamenanu

Bagikan Halaman ini

Share Button

5

 

 

Moral-politik.com. Pawai malam takbiran di Kota Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), tadi malam,   Rabu (7/8) berlangsung meriah. Bahkan muda-mudi Katolik ikut ambil bagian dalam memeriahkan takbiran ini.

Pawai bersama berkeliling kota dengan menggunakan ratusan kendaraan roda dua dan puluhan kendaraan roda empat ini mulai sekitar pukul 20.00 Wita dengan rute konvoi dimulai dari Masjid Agung Nurul Fallah, pasar lama, kemudian bergerak melalui rute rumah jabatan Bupati TTU, Pasar Lama, Naesleu, terminal kota Kefamenanu, KM 6 jurusan Kupang, Tulip dan kembali ke Masjid Agung Nurul Falah.

Meskipun umat Muslim di daerah tersebut tergolong minoritas, namun warga yang mayoritas beragama Katholik pun begitu antusias menyaksikan pawai yang diadakan setiap tahun ini.

Ketua Panitia Hari Besar Islam Kabupaten TTU,  Idham Khalid, tadi sore di Kefamenanu mengatakan, takbir keliling merupakan salah satu kegiatan rutin menyambut datangnya bulan Syawal saat mengakhiri bulan suci Ramadhan.

Dia menjelaskan, dalam takbir keliling ini,  pihaknya berkoordinasi dengan pemerintah serta aparat kepolisian.

“Meskipun kita di sini termasuk yang minoritas, tapi ternyata masyarakat sekitar menyambut positif dalam toleransi bahwa umat Islam juga merupakan bagian dari masyarakat TTU, yang mempunyai hak yang sama dalam menjalankan ibadahnya,” ungkapnya.

Hal ini kata Idham, terlihat jelas dengan keterlibatan umat Nasrani, khususnya orang muda Katholik yang ikut serta dalam kegiatan pawai atau takbir keliling tersebut dengan tetap menjaga keamanan dan ketertiban, hingga acara ini berakhir dengan baik.  (amy)

Baca Juga :  Sehelai Surat Minta Megawati Dukung Jokowi Capres 2014

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button