Home / Sport / Nike Mitak: Target 15 Persen Perempuan NTT Jadi Anggota Legislitif

Nike Mitak: Target 15 Persen Perempuan NTT Jadi Anggota Legislitif

Bagikan Halaman ini

Share Button

DSCN2165

 

Moral-politik.com. Kaukus Perempuan Nusa Tenggara Timur (NTT)  saat ini fokus memperjuangkan  15 persen keterwakilan perempuan di lembaga legislatif pada Pemilu 2014 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Koodinator Kaukus Perempuan NTT, Yovita Anike Mitak  kepada Moral-politik.com di Kupang, Jumat (29/8).

Menurut Mitak, Kaukus Perempuan NTT memberikan apresiasi kepada KPU yang dengan tegas meminta  Parpol memenuhi kuota keterwakilan perempuan dalam daftar caleg. Namun, dia meminta KPU tidak  boleh diskriminatif  terhadap caleg perempuan dalam proses selanjutnya dan harus dikawal secara baik.

“Kami sudah mengumpulkan semua organisasi perempuan di NTT untuk membahas grand desain  meningkatkan partisipasi masyarakat dalam dunia politik tahun 2013 – 2018 mendatang. Target  kami, harus ada peningkatan jumlah perempuan di lembaga legislatif pada tahun 2014  mendatang,” jelasnya.

Dia mengemukakan, target yang dipatok Kaukus Perempuan NTT adalah tahun 2014 mendatang harus  ada 15 persen anggota legislatif perempuan baik untuk tingkat kabupaten/kota maupun provinsi.

Jika itu  tercapai, katanya, berarti ada peningkatan dibandingkan dengan Pemilu 2009 yang  hanya menempatkan 7,23 persen dan tahun 2004 lalu 10 persen perempaun di lembaga legislatif.

Meski demikan, lanjut Mitak, pihaknya menyadari masih ada caleg yang belum siap untuk terjun  ke dunia politik dan mungkin juga ada yang digiring parpol untuk melengkapi kuota  keterwakilan perempuan.

“Kami siap mematangkan kapasitas mereka yang sudah ditetapkan dalam DCT. Untuk bisa berjuang  dengan optimal dan mempersiapakan mereka jika terpilih nanti bisa menjadi wakil  rakyat yang diharapkan, khususnya mewakili kaum perempuan,” tambahnya.

Selain itu, paparnya, Kaukus Perempuan akan terus mendorong masyarakat untuk lebih cerdas  memilih dengan melihat kemampuan yang dimiliki perempuan, bukan karena faktor lain seperti suku, ras, dan agama.*** (AVI)

Baca Juga :  TTU: Angka Golput Cukup Tinggi

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button