Home / Sport / Orangtua Diminta Waspadai Jajanan di Sekolah

Orangtua Diminta Waspadai Jajanan di Sekolah

Bagikan Halaman ini

Share Button

7

Moral-politik.com. Seluruh orangtua dari siswa/siswi SD, SMP,  SMA/SMK, dan para guru diminta mewaspadai jajan yang dibeli anak sekolah  di sekolah-sekolah, karena mengandung racun berupa zat kimia dan kandungan mikrobiologi yang berbahaya bagi kesehatan. Pada jangka waktu 5-10 tahun ke depan, anak-anak baru merasakan dampaknya seperti terserang kanker yang kini menjadi pembunuh nomor satu di dunia.

“Kalau disebabkan mikrobiologi dampaknya langsung dirasakan anak-anak sekolah seperti  sakit perut dan diare setelah makan jajanan. Setelah diberi minum obat bisa sembuh. Tapi bahan kimia berbahaya, itulah yang perlu diwaspadai,” kata  Kepala Balai Pemeriksaan Obat dan Makanan (BPOM) Kupang, , Sabtu (3/8)

Ruth mengatakan, BPOM Kupang telah memeriksa berbagai bahan makanan dan minuman jajan anak sekolah di 18 sekolah dasar (SD) di Kota Kupang. Penelitian ini untuk periode pertama tahun 2013. Hasil penelitian dan pemeriksaan itu, lanjut Ruth, BPOM Kupang menemukan adanya zat kimia berbahaya dan kandungan mikrobiologi berbahaya bagi kesehatan anak-anak yang mengonsumsi jajan di sekolah.

Ruth menjelaskan, bahan kimia berbahaya yang ditemukan dalam pangan jajan anak sekolah yang dijual para pedagang kaki lima (PKL) dan kantin sekolah, yaitu boraks, formalin, rhodamin B (pewarna merah berbahaya) biji mutiara dan  pengawet atau pemanis makanan yang dicampurkan berlebihan atau melebihi batas pada bahan makanan atau minuman. (richo)

Baca Juga :  Bupati TTU “Ngotot” Bangun Kembali Jembatan Noemuti

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button