Home / Sport / Pajak Tembakau di Australia Akan Dinaikkan 60 Persen

Pajak Tembakau di Australia Akan Dinaikkan 60 Persen

Bagikan Halaman ini

Share Button

2

 

 

Moral-politik.com.  Pemerintah Australia mengumumkan akan meningkatkan pajak tembakau sebesar 60 persen selama empat tahun ke depan. Langkah ini dilakukan untuk mengembalikan anggaran menjadi surplus pada tahun fiskal 2016/2017.

Menteri Keuangan Australia Chris Bowen mengatakan, langkah ini, juga ditujukan untuk memerangi tingginya angka kanker yang berhubungan dengan merokok. “Kita tahu bahwa peningkatan cukai adalah cara yang paling efektif bagi pemerintah untuk mengurangi kematian dini dan penyakit akibat merokok,” kata Bowen.

Sebelumnya, Australia menjadi negara pertama di dunia yang mengenalkan rokok dengan kemasan seragam, putih polos.

Menurut Australian Financial Review, kenaikan pertama akan dilakukan pada 1 Desember tahun ini, sebesar 12,5 persen. Imbas kenaikan ini, harga jual rokok akan naik untuk rata-rata satu pak berisi 20 batang dari harga semula A$ 2,20 (setara Rp 20.244) menjadi A$ 19,70, atau setara Rp 181.636. Menurut Bowen, kenaikan cukai rokok akan meningkatkan pendapatan negara A$ 5,3 miliar selama empat tahun anggaran berikutnya.

Beberapa kalangan menilai kenaikan cukai rokok ini dilandasi motivasi politik. Rudd, yang tertinggal dalam jajak pendapat dari tokoh oposisi Tony Abbott, tengah membangun sebuah platform kebijakan Partai Buruh sebelum pemilu. Di bawah kepemimpinan pendahulunya, Julia Gillard, Australia menjadi negara pertama yang mengharuskan rokok untuk dijual dalam paket seragam, tanpa logo perusahaan, dalam huruf yang sama, dan dengan foto-foto grafis korban penyakit yang berhubungan dengan merokok.

Penyakit terkait tembakau menelan biaya lebih dari A$ 31 miliar per tahun. Sebanyak 750 ribu tempat tidur rumah sakit per tahun, diisi pasien yang sakit akibat penyakit terkait rokok, kata Bowen. (Sumber: Tempo.co)

Baca Juga :  Kebutuhan BBM NTT Capai 1.200 Kl Per Hari

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button