Home / Sport / Pasca Pemecatan 5 Komisioner KPU Nagekeo, Belum Jelas Pilkada Putaran Kedua

Pasca Pemecatan 5 Komisioner KPU Nagekeo, Belum Jelas Pilkada Putaran Kedua

Bagikan Halaman ini

Share Button

6                                                     foto: masyarakat adat nagekeo

 

 

Moral-politik.com. Jadwal pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) putaran kedua Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur (NTT) hingga kini belum jelas, pasca pemecatan lima anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Kamis pekan lalu oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

“Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nagekeo harus berkoordinasi kembali dengan pemerintah kabupaten dan DPRD setempat dalam rangka penetapan jadwal pelaksanaan putaran kedua Pilkada,” kata
Ketua KPU NTT, Johanes Depa di Kupang, Rabu (7/8).

Menurut Depa, penyelenggaraan Pilkada Nagekeo  putaran kedua yang akan diikuti oleh dua  pasangan yakni Lilin ( Elias Djo – Paulinus Nuwa Veto ) dan Serius (Servasius Podhi – Ibrahim Jusuf) tetap akan dilaksanakan.

Depa mengatakan, seharusnya pada  Minggu,  4 Agustus 2013 atau Senin 5 Agustus 2013 ada pertemuan  dengan Pemda Nagekeo dan DPRD Nagekeo. Namun setelah berkoordinasi dengan Sekretaris Daerah ( Sekda ) setempat , Yulius Lawotan, pertemuan tersebut tidak  dapat  dilaksanakan karena seluruh kantor sudah masuk masa libur Lebaran.

“Saat ini KPU Propinsi NTT baru merespon perintah Dewan  Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP) untuk menindaklanjuti pelaksanaan Pilkada Nagekeo setelah mendapat penyampaian resmi dari  DKPP tentang keputusan pemberhentian tetap lima Anggota KPU Nagekeo,” jelasnya.

Dia mengatakan,  pemberhentian anggota KPU kabupaten/kota harus dengan keputusan KPU  propinsi karena KPU provinsi yang mengeluarkan SK pengangkatan terhadap anggota KPU  Kabupaten.

“Setelah mendapat pemberitahuan resmi lima Anggota KPU Nagekeo dipecat pada hari Kamis 1 Agustus 2013, mulai saat itu mereka sama sekali tidak dibenarkan beraktifitas di KPU Nagekeo. Memang keputusan yang tidak pernah kita duga tetapi itulah keputusan DKPP yang wajib  ditaati,” tambahnya.

Terkait jadwal Pilkada Nagekeo putaran kedua yang telah ditetapkan KPU Nagekeo tanggal 29  Agustus 2013, dia menjelaskan, tergantung pada kesiapan dan pembicaraan bersama antara Pemerintah Kabupaten dengan DPRD setempat karena ada kaitan dengan anggaran.*** (AVI)

Baca Juga :  Lurah Fatubesi tata ulang Patung Komodo & Monumen Straat A

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button