Home / Sport / Pemerintah Tetap Pindahkan Warga 4 Desa dari Palue

Pemerintah Tetap Pindahkan Warga 4 Desa dari Palue

Bagikan Halaman ini

Share Button

pengungsi-1

 

Moral-politik.com. Pemerintah tetap berkeinginan  memindahkan warga dari empat desa  di  Pulau Palue, Kabupaten Sikka, yang masuk dalam zona merah atau wilayah sangat rawan  terhadap erupsi Gunung Rokatenda, meski saat ini aktifitas gunung tersebut sudah mulai normal.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Tini  Thadeus kepada wartawan di Kupang, Kamis (15/8) mengatakan, keinginan tersebut tentunya sangat tidak mudah.

Menurutnya, berdasarkan analisasi Badan Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Bandung  wilayah yang sangat rawan ada di sisi utara pulau itu ada empat desa yakni Desa Kesokoja, Lidi, Nitunglea dan Rokirole, ditambah Desa Tuanggeo yang juga masuk dalam zona yang tidak  aman.

Dia menjelaskan, pola letusan Gunung Rokatenda ternyata berubah. Jika pada 2 Februari 2013  lalu alurnya ke bagian selatan. Letusan pada 9 Agustus 2013 yang paling dahsyat yang mengarah ke alur utara dan dan membahayakan masyarakat yang bermukim di bagian Utara.

Terkait jumlah penduduk yang sudah sudah dievakuai, saat ini berjumlah 779 jiwa.Terdiri dari   Bayi 13 orang, 79 anak balita, siswa SD 153 orang, SMP 89 dan lansia 101 orang. Sedangkan sisanya adalah penduduk dewasa. jumlah tersebut tidak termasuk dengan 785 Kepala Keluarga   yang terlebih dahulu mengungsi sejak Okotber 2012 lalu.

Dia menyebutkan, jumlah penduduk di Pulau Palue mencapai 12 ribu jiwa yang terdiri dar delapan desa, namun hanya tiga desa yang terkena dampak serius meletusnya Gunung Rokatenda yakni Nitunglea, Rokirole, Lidi. Dengan rincian Desa Lidi, 1430 jiwa. Nitunglea, 1068 jiwa,  dan Desa Rokirole, 1.501 jiwa.***(AVI)

Baca Juga :  Buang Sampah di Terminal Oepura, Mobil Diamankan Dinas Kebersihan

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button