Home / Sport / Pemimpin Ikhwanul Muslimin Segera Diadili

Pemimpin Ikhwanul Muslimin Segera Diadili

Bagikan Halaman ini

Share Button

4

 

Moral- politik.com.  Pemerintahan sementara Mesir yang didukung militer mengatakan akan mengadili Pemimpin Ikhwanul Muslimin, Mohammed Badie dan salah seorang wakilnya tanggal 25 Agustus nanti atas tuduhan memicu kekerasan.

Badie melarikan diri sedangkan wakilnya Khairat el-Shater ditahan dalam satu penjara di Kairo. Mereka dituduh memulai kekerasan yang mengakibatkan kematian demonstran di luar markas Ikhwanul Muslimin pada bulan Juni beberapa hari sebelum militer menyingkirkan Presiden Mohamed Morsi tanggal 3 Juli.

Para pendukung Ikhwanul Muslimin dan Morsi mendirikan dua kamp demonstrasi di Kairo menuntut jabatan Morsi dipulihkan. Sejumlah helikopter polisi menjatuhkan selebaran ke kamp-kamp itu hari Minggu dan mengatakan kepada demonstran bahwa Ikhwanul Muslimin “menculik mereka secara mental.”

Pemerintah sementara sebelumnya mengancam akan membubarkan kamp-kamp protes itu tetapi kini memberi waktu untuk melakukan mediasi.

Pemerintah sementara Mesir mengatakan ada kesempatan untuk mengakhiri protes tanpa pertumpahan darah sembari melindungi hak-hak seluruh warga. Tetapi pemerintah mengatakan perundingan harus dilakukan dalam kerangka waktu “tepat dan cepat”.

Pendukung Mursi diancam

Sementara, Militer Mesir mengancam akan menggunakan kekuatan militer dalam melawan kekerasan dan terorisme yang terjadi di negara itu. Ungkapan tersebut disampaikan Panglima Militer Mesir, Abdel Fattah Al-Sisi, menanggapi rencana demonstrasi saingan dari pendukung Presiden Mursi.

Abdel Fattah menyerukan, ada potensi dugaan aksi terorisme dalam rencana protes yang akan dilakukan Jumat, ini. Aksi protes itu dilakukan oleh para pendukung Mursi untuk menuntut pemulihan posisi Mursi sebagai Presiden.

Sebelumnya, Presiden Mursi digulingkan oleh tentara setelah aksi demo besar warga Mesir yang menuntut penolakan rencana pembangunan taman kota menjadi pasar modern.

Sekretaris PBB, Ban Ki Moon menyerukan agar militer Mesir membebaskan Mursi dan anggota Ikhawanul Muslimin yang ditahan.

Baca Juga :  Kuli bangunan ditemukan tewas bukan di rumahnya sendiri

Ban Ki Moon meminta agar kasus Mursi ditinjau secara transparan. Mursi adalah Presiden Mesir pertama yang terpilih secara demokratis diMesir. Ia digulingakan tepat pada satu tahun masa kepemimpinannya. (Sil Sega/KBR68H)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button