Home / Pena_VJB / Pemudik Kesal, ASDP Batalkan Pelayaran ke Sabu Akibat Cuaca Buruk

Pemudik Kesal, ASDP Batalkan Pelayaran ke Sabu Akibat Cuaca Buruk

Bagikan Halaman ini

Share Button

6

Moral-politik.com. PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Kupang membatalkan pelayaran ke Pulau Sabu pada Senin (5/8) yang mengangkut pemudik menuju Pulau Sabu, Kabupaten Sabu Raijua. Hal ini disebabkan cuaca buruk yang melanda perairan NTT selama beberapa hari.

Manager operasional PT ASDP Cabang Kupang, Hermin Welkis mengatakan kepada wartawan, Senin, 5 Agustus 2013.

Ia menjelaskan,  khusus untuk penyeberangan Kupang Sabu, selalu dipadati oleh penumpang, namun karena kondisi cuaca yang mengancam pelayaran sehingga pihaknya tidak berani mengambil resiko, sekali pun banyak penumpang yang memaksa untuk dilakukan penyeberangan. Dia juga merasa kasihan dengan para penumpang karena tetap bertahan di pelabuhan sekali pun sudah diumumkan bahwa tidak ada penyeberangan.

“Potensi penumpang Kupang-Sabu cukup bagus, tapi memang kondisi tidak mengijinkan. Kita juga kasihan dengan para penumpang, tapi kita juga tidak bisa melawan kondisi alam. Bagi kami keselamatan penumpang dan pelayaran itu lebih pentng dan utama,”jelasnya.

Menurut dia, untuk hari ini, hanya satu lintasan yang dilayani pelayarannya yakni Kupang-Rote, karena jaraknya yang pendek dan hanya butuh waktu dua jam perjalanan, sehingga dimungkinkan untuk pelayaran.

“Kupang-Rote tetap berlayar, karena selain rutenya pendek, perairan yang akan dilayari masih memungkinkan untuk kita melakukan penyeberangan,” katanya.
Sepekan terkahir ini, katanya, jumlah pemudik yang menggunakan jasa transportasi ASDP Kupang meningkat 50 persen dari hari biasanya.
“Ada peningkatan penumpang sekitar 50 persen,” katanya.

Dengan meningkatnya penumpang yang menggunakan jasa transportasi Kapal Fery, maka pihaknya menyiagakan sembilan buah kapal untuk melayani pemudik, diantaranya tiga kapal yang dikelola PT Flobamor dan enam kapal PT ASDP.
“Sembilan kapal yang disiagakan dengan peningkatan penumpang ini,” katanya. (Nyongky)

Baca Juga :  Pemerintah Inggris Resmi Setujui Pernikahan Sesama Jenis

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button