Home / Sport / Pengamanan Lebaran, Tempat Ibadah Jadi Perhatian Polisi

Pengamanan Lebaran, Tempat Ibadah Jadi Perhatian Polisi

Bagikan Halaman ini

Share Button

AKBP-Tito-Basuki-Priyatno-S.IK

 

Moral-politik.com. Polres Kupang Kota saat ini telah membangun lima Pos Pengamanan Lebaran (PPL) di wilayah hukum Kota Kupang. Dari lima PPL akan difokuskan pada tempat ibadah umat muslim. Pos pengamanan ini digunakan selama pelaksanaan Operasi Ketupat Turangga (OKT) 2013 dan operasi Pengamanan Sail Komodo (OSK) 2013.

Kapolres Kupang Kota,  AKBP.  Tito Basuki Priyatno, kepada wartawan, Selasa (6/8) mengatakan saat ini Polres Kupang Kota sudah membangun lima pos pengamanan, dari lima pos pengamanan itu, Polres Kupang Kota fokuskan keamanan pada tempat ibadah umat muslim.

“Saat ini lima pos pengamanan sudah dibangun dan ditempati oleh anggota Polres Kupang Kota. Dari lima pos pengamanan itu anggota fokuskan pada tempat ibadah umat muslim,hal ini dilakukan untuk menjamin kelancaran ibadah mereka,“ katanya.

Dia mengatakan, Polres Kupang Kota juga telah melakukan pantauan di berbagai titik yang ada di Kota Kupang.  Lima pos pengamanan di wilayah Kota Kupang masing-masing di depan Flobamora Mall, Jalan WJ Lalamentik, Kelurahan Oebufu, Kecamatan Oebobo.

Selanjutnya pos pengamanan Kanaan di Jalan Mohammad Hatta, Kelurahan Nunleu, Kecamatan Kota Raja. Pos Pengamanan LLBK Kelurahan LLBK, Kecamatan Kota Lama, dan di depan Pasar Kasih Naikoten, Jalan Jenderal Soeharto, Kelurahan Naikoten I, Kecamatan Kota Raja. “Ada pula satu PP di depan KP3 Laut di Pelabuhan Tenau Kupang,” ujar nya.

Menurutnya, pengamanan sudah dilakukan terhitung tanggal 1 Agustus 2013 hingga tanggal 16 Aguustus 2013 mendatang.  Sementara pembangunan PP sudah dilakukan sejak akhir bulan Juli 2013 yang lalu. Dirinya  mengakui kalau setiap pos dijaga oleh anggota polisi dari semua satuan baik Reskrim, Lantas, Sabhara, Intelkam, dan satuan lainnya.

Baca Juga :  Israel Bombardir Suplai Senjata ke Hisbullah

“Operasi yang kita gelar selain untuk pengamanan lebaran juga untuk mengamankanpelaksaanaan Sail Komodo 2013 di wilayah Kota Kupang!” tandasnya.

Dia menegaskan, selama operasi dua pekan ini, jajaran kepolisian fokus melakukan pengamanan arus mudik lebaran, terutama keberangkatan dari wilayah NTT keluar NTT.

“Pengamanan dilakukan di dermaga untuk angkutan laut, di bandara untuk angkutan udara, dan terminal-terminal untuk angkutan darat,” ujarnya.

Dia menambahkan, khususuntuk menjamin keamanan dan kenyamanan di wilayah NTT selama lebaran dan hari libur hari raya, aparat kepolisian mendirikan beberapa pos pengamanan pada wilayah strategis untuk pemantauan keamanan di wilayah NTT. Pos pengamanan didirikan pada sejumlah wilayah strategis sehingga memudahkan pengamanan dan akses masyarakat.

Patroli di rumah penduduk yang melakukan mudik dan kemungkinan rumah kosong akan ditingkatkan aparat kepolisian sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Pengamanan ekstra juga dilakukan pada saat malam takbiran atau sebelum hari raya lebaran, atau hari terakhir pelaksanaan ibadah puasa.

Selain itu juga dilakukan pengamanan arus balik warga masyarakat, yang baru pulang dari luar Kota Kupang NTT, dan kembali ke wilayah NTT setelah hari raya dan menikmati libur panjang,” ujarnya. (richo)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button