Home / Sport / Petugas Pustu Diingatkan Pantau Kesehatan Warga

Petugas Pustu Diingatkan Pantau Kesehatan Warga

Bagikan Halaman ini

Share Button

1

foto: ilustrasi

Moral-politik.com. Mencegah penyebaran virus penyakit yang biasa muncul saat memasuki musim panas kini, pihak puskesmas Ba’a melakukan pemantauan kondisi kesehatan warga yang menjalani perawatan di puskesmas pembantu yang tersebar di seluruh wilayah Kecamatan Lobalain.
Hal ini disampaikan Kepala Puskesmas Ba’a, dr.Maria Irma saat dihubungi wartawan  per telepon, akhir pekan kemarin.

“Petugas dari Puskesmas dan dibantu oleh petugas di Pustu terus pantau kondisi kesehatan warga,” katanya.

Menurut dia, hal itu dilakukan pihaknya untuk melakukan pendataan warga yang menjalani perawatan akibat terkena penyakit yang biasa muncul. Sehingga dapat dilakukan tindakan pencegahan.

“Penyakit yang biasa muncul itu berkaitan dengan kebersihan. Misalkan kebiasaan tidak memasak air minum menyebabkan terjadinya diare,” terangnya.

Dikatakannya, sesuai informasi awal yang diperoleh pihaknya dua Desa di Kecamatan Lobalain yakni Desa Kuli dan Kolobolon cukup rawan terserang gejala Ispa dan Diare. Sebab menurut dia, sesuai pengamatan pihaknya atas pasien yang dilayani kebanyakan berasal dari dua desa itu.

“Untuk sementara sesuai pengamatan kami, pasien yang paling banyak mendapat perawatan karena mengalami dua jenis penyakit itu berasal dari Kuli dan Kolobolon,” katanya.

Untuk pencegahan kata dia, pihakanya telah menginstruksikan kepada seluruh Kepala Pustu yang tersebar di seluruh desa di Kecamatan Lobalain supaya secara intensif memantau kondisi kesehatan warga.

“Petugas kami yang ada di Pustu telah diinstruksikan supaya langsung melakukan pencegahan secara dini gejala-gejala terjadinya dua penyakit ini,” ungkapnya.
Lebih jauh dia menjelaskan, perkembangbiakan berbagai jenis penyakit itu umumnya disebabkan karena kesehatan lingkungan di sekitar masyarakat yang masih minim.

“Kebiasaan menjaga kebersihan merupakan hal yang paling efektif untuk terhindar dari penyakit seperti cuci tangan sebelum makan, minum air yang sudah dimasak dan memperhatikan kebersihan makanan merupakan hal yang efektif untuk pencegahan perkembangan wabah penyakit,” terang mantan Kepala Puskesmas Batutua ini. (lima)

Baca Juga :  5 sepeda motor diamankan Polres Kupang

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button