Home / Pena_VJB / PHI Segera Sita Perusahaan Daerah Kantong Semen Kupang

PHI Segera Sita Perusahaan Daerah Kantong Semen Kupang

Bagikan Halaman ini

Share Button

Ilustrasi pekerja

 

Moral-politik.com.  Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) Kupang segera melakukan penyitaan terhadap salah satu aset milik Pemerintah Kabupaten Kupang, yakni Perusahaan Daerah (PD) Kantong Semen Kupang, setelah 10 karyawan PD Semen Kupang di Putus Hubungan Kerja tanpa diberikan hak-haknya.

Penyitaan yang akan segera dilakukan PHI Kupang berdasarkan surat  keputusan sita aset itu setelah 10 orang mantan karyawan PD Kantong Semen Kupang memenangkan gugatan di PHI Kupang, yang diputuskan pada 12 Mei 2013 lalu.

Marsel Pelokila dan Ronald Riwu yang mewakili 10 mantan karyawan kepada Moral-politik.com di Kupang, Selasa  (20/8/) menjelaskan, keduanya dan 34 karyawan PD Kantong Semen direkrut sejak tahun 2003, namun pada tahun 2008 mereka diliburkan sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

“Sejak tanggal 1 Januari 2009 kami diliburkan dengan alasan pasar kantong semen kolaps,” kata Pelokila.

Menurutnya, sejak tahun 2009, dirinya dan beberapa rekan-rekan lainnya  sudah berkali-kali bertemu pimpinan perusahaan dan komisaris yakni Bupati Kupang,  Ayub Titu Eki serta Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Melitus Ataupah namun semuanya seakan saling melempar tanggungjawab.

“Mereka yang kami temui itu tidak pernah kasih jawaban yang pasti dan terkesan plin-plan. Menurut Bupati, DPRD tidak setuju alokasikan anggaran untuk bayar hak kami. Lalu kami ke DPRD katanya Bupati tidak usulkan dan itu berlanjut terus sampai tahun 201, selalu diberikan jawabannya yang tidak pasti,” kata Ronald.

Pelokila menjelaskan, dirinya dan rekan-rekannya telah menempuh berbagai jalan untuk menyelesaikan persoalan itu namun tidak ada titik terang hingga diproses di PHI Kupang yang memenangkan gugatan mereka.

“Kami lalu lapor ke Depnaker Kabupaten Kupang, Depnaker Provinsi NTT dan di sana kami direkomendasikan untuk melayangkan gugatan ke PHI,” katanya.

Baca Juga :  Menkes Tak Setuju Bantu RS Kota Kupang yang Hanya 40 Tempat Tidur

Ia juga mengatakan, kini pihaknya tengah menyiapkan sita lelang aset yang membutuhkan waktu yang cukup lama. Karena itu diharapkan agar jika pemkab Kupang ada rasa memiliki terhadap PD Kantong Semen untuk segera membayar hak mereka tanpa perlu dilakukan penyitaan. (richo)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button