Home / Pena_VJB / Pidato Gubernur NTT: Penduduk Miskin di NTT Turun!

Pidato Gubernur NTT: Penduduk Miskin di NTT Turun!

Bagikan Halaman ini

Share Button

gub

 

Moral-politik.com. Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Frans Lebu Raya  mengatakan, jumlah penduduk miskin  di daerah tersebut hingga tahun 2013 terus terkoreksi dan menurun. Jika pada tahun 2009  sebesar 23,21 persen dari 5, 4 juta penduduk, di tahun 2013 menjadi sebesar 20,03.

Lebu Raya mengatakan itu dalam pidatonya pada puncak peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-68 tahun 2013 bertempat di lapangan upacara rumah dinas Gubernur NTT di  Kupang, Sabtu (17/8) lalu.

Menurutnya, menurunnya angka kemiskinan berkat kerja keras pemerintah dan masyarakat NTT  selama ini, dengan berbagai upaya termasuk program jagung, ternak, koperasi dan cendana serta gerakan masuk laut, termasuk program Desa Mandiri Anggur Merah.

“Untuk itu ke depan, pemerintah terus berpihak kepada rakyat atau mengedepankan program  pro rakyat dengan membenahi berbagai hal seputar program Desa Mandiri Anggur Merah. Pemerintah  akan mengevaluasi pelaksanaan dan kinerja pendamping sehingga semakin transpran dan  akuntabel,” katanya.

Terkait program Desa Mandiri Anggur Merah, dia menjelaskan, saat ini program tersebut telah menjangkau 891 desa atau kelurahan dengan dana yang digelontorkan Rp 222, 750 miliar. Dana  tersebut disekola oleh 9,594 kelompok usaha dan pengembaliannya hingga Juni 2013 sebesar Rp  27, 1 miliar.

Dia menuturkan, agar semua desa/keluarhan di NTT dijangkau program ini, pola dalam satu kecamatan satu desa/kelurahan tiap tahun sedang dikaji, untuk menemukan pola baru yang  mengakomodir banyaknya desa di tiap kabupaten.

“Penerapan pola baru ini akan memberi ruang bertambahnya desa/kelurahan penerima program, alokasi dana rekruitmen tenaga pendamping,” ujarnya.

Menurut Lebu Raya, mulai tahun 2014 mendatang, Pemerintah Provinsi NTT mendorong partisipasi  masyarakat dengan membangun dari potensi yang dimiliki daerah itu, dengan memberikan  perhatian kepada pegembangan sektor kelautan dan perikanan serta pariwisata.

Baca Juga :  Jenny Thompson Puji Kehebatan Balotelli di Ranjang Ketimbang Rooney

Selama ini, tambah dia, potensi perikanan dan kelautan yang sangat besar, tetapi belum  dimanfaatkan secara optimal. Akan halnya dengan potensi pariwisata. NTT memiliki potensi  wisata alam, bahari, budaya dan wisata rohani untuk mendukung pengembangan industri pariwisata.

“Kita yakin dengan  tipe manusia NTT sebagai pekerja keras yang dibarengi dengan kerja cerdas  dan kerja tuntas, program-program pemerintah yang digulirkan selain mendapat dukungan  masyarakat, juga akan membawa hasil yang baik,” paparnya.*** (AVI)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button