Home / Sport / PNS NTT Pelanggar Terbanyak Tertib Lalu Lintas

PNS NTT Pelanggar Terbanyak Tertib Lalu Lintas

Bagikan Halaman ini

Share Button

2

 

 

Moral-politik.com. Hasil rekapan operasi patuh Turangga 2013 di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) menunjukkan  bahwa pelanggar lalu lintas terbanyak dilakukan oleh kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Kondisi ini menunjukkan masih rendahnya kesadaran tertib berlalu lintas kalangan PNS di wilayah NTT.

Direktur Lalu Lintas Polda NTT, Kombes. Pol. Teguh Dwi Warsono kepada Moral-politik.com, Sabtu (3/8) mengatakan, sesuai hasil rekapan Operasi Turangga selama tahun 2013 ini, pelanggar lalu lintas terbanyak dilakukan oleh PNS. Kondisi itu semestinya tidak terjadi lantaran  PNS merupakan sosok yang menjadi panutan masyarakat.

Teguh  membeberkan data pelanggaran lalu lintas yang diikuti dengan penilangan tertinggi berasal dari kalangan pegawai swasta sebanyak 525 tilang, dan PNS sebanyak 248 tilang. Rata-rata mereka tertilang lantaran tidak menggunakan helm dan tidak membawa kelengkapan surat seperti SIM dan STNK.

“Kalau total pelanggaran yang terjadi berdasarkan data kami sebanyak 3.180 pelanggaran dengan tilang sebanyak 1.515 tilang. Dari 1.515 tilang yang dikeluarkan, pelanggaran didominasi pengendara tidak menggunakan helm dan tidak membawa SIM dan STNK,” kata Teguh.

Teguh  menambahkan, selama Operasi Patuh, kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi sebanyak  35 atau turun 33 persen dari tahun lalu sebanyak 53 kasus. Dari kasus kecelakaan itu, jumlah korban jiwa mencapai 14 orang.

“Lakalantas kebanyakan menimpa pengendara sepeda motor. Faktor penyebabnya juga lebih terjadi karena kesalahan manusia,” kata Teguh.

Teguh menyatakan, berbagai upaya sudah ditempuh untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran lalin.

“Untuk itu kami mengimbau kepada masyarakat NTT untuk menyikapi secara serius tentang lalu lintas. Dengan demikian, tidak muncul korban baru di jalan serta dapat mencerminkan budaya warga NTT itu tertib. Pasalnya, cermin tertib itu diukur dari seberapa besar masyarakat sadar tertib berlalu lintas!” tandas dia. (richo)

Baca Juga :  Perdana Menteri Libya Tolak Pengunduran Diri Menteri Pertahanan

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button