Home / Sport / Polres Kupang Siap Amankan Pilkada Kabupaten Kupang

Polres Kupang Siap Amankan Pilkada Kabupaten Kupang

Bagikan Halaman ini

Share Button

1

 

 

Moral-politik.com. Polres Kupang siap mengamankan jalannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kupang, yang akan berlangsung pada Bulan September 2013 mendatang. Untuk itu Polres Kupang telah melakukan gelar pasukan operasi Mantap Praja 2013 beberapa waktu lalu.

Kapolres Kupang, AKBP Domincus S Yempormase kepada Moral-politik.com, Senin (19/8) mengatakan, Polres Kupang siap mengamankan jalannya Pilkada Kabupaten Kupang yang akan berlangsung September 2013 mendatang.

“Polres Kupang siap mengamankan jalannya Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kupang, periode 2013-2018 mendatang. Untuk itu Polres Kupang sudah menggelar operasi pasukan mantap praja 2013 beberapa waktu lalu, “ katanya.

Dia mengatakan, simulasi operasi pasukan Mantap Praja 2013 telah dilakukan pada, Jumat (16/8) lalu. Gelar pasukan itu dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kupang. Dalam gelar pasukan itu, dilakukan simulasi pengamanan Pilkada Kabupaten Kupang.

Dia menjelaskan, tujuan dilakukan simulasi itu untuk memberikan gambaran tentang kesiapan personel, sarana prasarana, dan peralatan yang digunakan serta mengecek kemampuan dan ketrampilan personel yang terlibat dalam pelaksanaan pengamanan Pilkada. Gelar pasukan itu juga, kata dia, merupakan manifestasi pelaksanaan manajemen kepolisian yang melibatkan semua fungsi mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian.

Dominicus menyatakan, Operasi Mantap Praja Turangga Timau  mengedepankan fungsi preventif, dan represif dengan didukung sumber daya yang ada untuk mewujudkan rasa aman bagi seluruh masyarakat. Menurutnya, mulai 19 Agustus akan digelar tahapan kampanye dan cenderung adanya pelibatan massa simpatisan masing-masing calon dalam jumlah banyak. Hal ini menimbulkan potensi kerawanan, yakni rusuh massa, pengeroyokan, penjarahan, perkelahian kelompok, dan pengrusakan.

Kerawanan lain yakni distribusi kelengkapan Pilkada ke TPS dan mekanisme penghitungan suara. Karena itu, Polres Kupang dituntut untuk mampu melakukan manajemen keamanan secara sistematik, terpadu dan komprehensif. (richo)

Baca Juga :  Jalan di belakang kantor Bupati TTU rusak parah

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button