Home / Sport / Produksi Turun, Pengembalian Dana BLM PUAP di Baadale Macet

Produksi Turun, Pengembalian Dana BLM PUAP di Baadale Macet

Bagikan Halaman ini

Share Button

sawah (1)

 

Moral-politik.com. Pengembalian dana Bantuan Langsung Masyarakat melalui Program Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (BLM PUAP) yang disalurkan Kementerian Pertanian, Tahun Anggaran 2012 lalu ke sejumlah Kelompok Tani (Poktan) di Desa Baadale, Kecamatan Lobalain macet.

Hal ini disampaikan Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Baadale, Kecamatan Lobalain, Agustinus Tulle kepada Moral-politik.com di kediamannya, Rabu (21/8).

Dijelaskannya, dalam TA.2012 lalu, Kementerian Pertanian menyalurkan anggaran senilai Rp100 juta untuk Gapoktan Desa Baadale, yang kemudian disalurkan ke empat kelompok tani di desa itu.

Sesuai petunjuk juknis, anggaran yang disalurkan itu peruntukannya untuk berbagai seperti usaha tani, pengolahan, usaha sarana dan prasarana produksi, usaha pemasaran serta usaha keuangan mikro.

“Anggota Poktan sudah menjalankan berbagai usaha namun karena produksi menurun sehingga usaha mereka macet yang berdampak pada pengembalian dana,” katanya.

Lebih lanjut Agustinus menjelaskan, produksi pertanian di desa itu tahun ini alami penurunan yang disebabkan karena serangan hama pada pada milik warga. Selain itu lanjut Agustinus, keterlambatan pendistribusian pupuk juga memicu terjadinya produksi pertanian warga.

“Pengembaliannya hingga saat ini belum terealisir seluruhnya yang disebabkan karena usaha yang dijalankan macet karena pemasaran dan produksi menurun. Kalau tidak temui kendala itu pengembaliannya pasti cepat,” katanya.

Ditambahkannya, terdapat empat poktan yang ada di desa Baadale dengan mendapatkan anggaran masing-masing Poktan Tunas Nddudale Rp25 juta, Garuda Dua Rp26 Juta, Garuda I, Rp25 juta, Mboisan Rp22 juta.

“Pengembalian dana ini macet karena anggota kelompok yang tunggak dalam penyetoran bulanan tetapi kami berupaya untuk lakukan pendekatan ke seluruh anggota,” katanya. (lima)

Baca Juga :  Dirut PT. Bintang Ilmu diperiksa di Surabaya

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button