Home / Sport / Rencana Pendataan Pekerja Anak Tahun 2014

Rencana Pendataan Pekerja Anak Tahun 2014

Bagikan Halaman ini

Share Button

21

Moral-politik.com. Pemerintah Kota Kupang berencana  akan melakukan pendataan terhadap pekerja anak di bawah umur,  di wilayah Kota Kupang pada tahun 2014 mendatang.

“Kami akan mendata pekerja anak-anak baik itu yang bekerja sebagai pendorong kereta di Pasar, Kondektur, pemulung, penjual koran dan sejumlah profesi yang paling banyak melibatkan pekerja anak,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans)  Kota Kupang, Yeri Padji Kana, Kamis (29/08).

Menurutnya, pendataan pekerja anak dibawah umur yang akan dilakukan pemerintah Kota Kupang akan bekerja sama dengan sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) baik itu LSM lokal maupun LSM asing yang memiliki kepedulian terhadap persoalan anak. Tujuan dari pendataan itu untuk mengetahui jumlah anak yang ada dan pemerintah berupaya untuk mendorong mereka untuk kembali kesekolah. Selain itu, pemerintah juga akan mendata perusahaan yang memperkerjakan anak di bawah dan memperingati mereka untuk tidak lagi melakukan hal itu

“Bukan hanya pendataan saja yang dilakukan, tetapi pemerintah juga akan mendorong mereka untuk kembali kesekolah demi masa depan  mereka. Sedangkan untuk perusahaan atau majikan yang memperkerjakan anak akan diberi peringatan keras. Jika sampai mereka melakukannya kembali maka pemerintah akan bertindak tegas sesuai aturan yang berlaku,” Yeri

Selain pendataan pekerja anak, kata Yeri, pemerintah juga akan mendata pekerja wanita yang bekerja diluar waktu normal. Pendataan itu bertujuan untuk mengecek waktu kerja mereka dan akan disesuaikan upah yang mereka terima. (Nyongky)

Baca Juga :  Bantahan Dubes RI untuk Australia Soal Diduga Mendukung Oposisi

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button