Home / Sport / Rote Ndao: Berdayakan Nelayan Agar Tak Antar Imigran Gelap

Rote Ndao: Berdayakan Nelayan Agar Tak Antar Imigran Gelap

Bagikan Halaman ini

Share Button

4

 

Moral-politik.com. Untuk menekan jumlah warga yang mengantar imigran gelap ke wilayah Australia, pemerintah diminta untuk berdayakan para nelayan. Sebab pelaku pengantar imigran gelap umumnya berprofesi sebagai nelayan.

Permintaan itu disampaikan warga asal Desa Oelua, Imanuel Nggili kepada wartawan di kediamannya, Selasa (13/8).

Menurutnya, warga nekat mengantar para imigran gelap ke Australia karena desakan ekonomi, dimana pendapatan yang diperoleh dari pekerjaan nelayan sangat minim.

Minimnya pendapatan yang diperoleh para nelayan di desa itu disebabkan karena peralatan tangkap yang dimiliki para nelayan sangat minim dan masih tradisional.

“Warga tahu bahwa pekerjaan sebagai pengantar imigran gelap itu sangat berbahaya. Bahkan banyak warga dari Oelua yang penjara di Australia karena tertangkap mengantar imigran gelap,” katanya.

Menurutnya, bila para nelayan yang ada mendapat perhatian dari pemerintah dengan memfasilitasi mereka menyediakan peralatan tangkap yang memadai diyakininya dapat menekan jumlah nelayan menjadi pengantar imigran gelap.

“Kalau ada perhatian, saya yakin jumlah nelayan yang menjadi pengantar imigran gelap akan berkurang. Kita sangat mengharapkan adanya perhatian dari pemerintah,” harapnya.

Ditambahkannya, selama ini banyak nelayan di wilayah Oelua tak mendapat sentuhan bantuan dari Pemkab Rote Ndao melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Rote Ndao. Pada hal kata dia, jumlah nelayan yang ada di wilayah tersebut termasuk paling banyak di Kabupaten Rote Ndao.

“Kalau dari sisi jumlah, jumlah nelayan yang ada di Oelaba mungkin terbanyak di Kabupaten Rote Ndao tetapi herannya, Pemda sendiri tak pernah beri bantuan,” kata mantan pengurus Himpunan

Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) wilayah Rote Ndao tersebut.
Untuk peningkatan kesejahteraan para nelayan, Pemkab semestinya lakukan pemberdayaan.

“Salah satu potensi Kabupaten Rote Ndao kan sektor kelautan tetapi saya merasa heran justru sektor ini terkesan dikebirikan perannya dalam meningkatkan pendapatan,” ujarnya. (lima)

Baca Juga :  Lion Air Kembali Berulah, Penumpang Meradang

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button