Home / Sport / Rote Ndao: Petani Rumput Laut Kembali Berkebun

Rote Ndao: Petani Rumput Laut Kembali Berkebun

Bagikan Halaman ini

Share Button

11

Moral-politik.com. Minimnya pembeli rumput laut yang membeli hasil rumput laut milik warga, menyebabkan banyak petani rumput laut di Desa Oelua, Kecamatan Rote Barat Laut kembali berkebun.

Hal ini diungkapkan warga asal Desa Oelua, Imanuel Nggili kepada wartawan di kediamannya, Selasa (13/8) kemarin.

“Warga di Desa Oelua selain petani ladang, ada nelayan dan ada juga yang menjadi pembudidaya rumput laut,” ujar Imanuel.

Pembudidayaan rumput laut, kata Imanuel, sebelumnya berprofesi sebagai petani ladang. Sejak program budidaya rumput laut memasuki desa tersebut, banyak warga yang beralih profesi.

“Setelah harga rumput laut anjlok banyak yang kembali berladang,” katanya.

Saat ini, kata Imanuel, harga rumput laut di wilayah itu berkisar Rp.6.500 per kilogranya. Meski harga jual rumput laut terbilang kecil, jumlah pembelinya juga sangat minim.

“Kalau pemerintah menyiapkan penampungan dan menyediakan pasarannya, mungkin warga tidak kembali berladang dan terus menekuni usaha ini,” katanya.

Di tempat terpisah sebelumnya, warga Dusun Mepelai, Desa Livuleo, Jibrael Boach kuatirkan hasil rumput laut di desa itu pada musim panen bulan ini melorot bila dibanding musim panen sebelumnya.

Menurut Jibrael, hama yang menyerang rumput laut milik warga di wilayah itu, saat ini cukup mengkhwatirkan. Bahkan kata Jibrael, sebagian petani rumput laut di wilayah tersebut terancam gagal panen.

“Kami hanya kuatirkan dalam musim panen kali ini terjadi gagal panen,” ungkapnya. (lima)

Baca Juga :  Bendungan Kolhua Untuk Sejahterakan Rakyat

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button