Home / Pena_VJB / Seiichi Okawa: Saatnya NTT Melirik Wisatawan dari Asia Timur

Seiichi Okawa: Saatnya NTT Melirik Wisatawan dari Asia Timur

Bagikan Halaman ini

Share Button

okawa(1)

Moral-politik.com. Pemerhati Pariwisata dan Kebudayaan Indonesia, Seiichi Okawa, mengatakan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) perlu melirik wisatawan dari tiga negara di Asia Timur yakni Jepang, Korea dan Cina untuk mempromosikan potensi pariwisata daerah itu secara terus-menerus.

Kepada wartawan usai upacara peringatakan HUT Kemerdekaan RI ke-68, di Kupang, Sabtu (17/8), Okawa mengatakan, wisatawan dari tiga negara tersebut lebih senang dengan wisata bahari seperti snorckling dan diving.

“Untuk itu, pemerintah daerah perlu mempromosikan potensi wisata bahari yang ada seperti Taman Laut Alor, Taman Laut Mamuere, Taman Laut 17 Pulau Riung, Pantai Nemberala dan potensi wisata bahari lainnya,” katanya.

Menurutnya, brosur atau leaflet yang disiapkan pemerintah daerah jangan hanya dalam Bahasa Inggris tetapi juga dalam bahasa asing lainnya. Sebab, tidak semua wisatawan memahami atau berkomunikasi dengan Bahasa Inggris.

Sebagai pemilik Graha Budaya Indonesia di Tokyo, dia mengatakan, dirinya bersama istrinya hanya membantu mempromosikan potensi wisata NTT ke Jepang, Korea dan Cina sesuai kemapuan yang mereka miliki.

“Saya selama ini membantu NTT dengan membuat pameran tenun ikat Alor, NTT bahkan kain songket dan empat kali membawa pemain sasando ke Tokyo. Tetapi itu belum cukup, jika belum ada perubahan mindset dalam diri aparatur pemerintah di daerah,” kata mantan wartawan Tempo Biro Tokyo ini.

Kata dia, potensi NTT sebetulnya sangat banyak dengan karakter semua daerah sangat berbeda.

“Pemerintah jangan hanya tonjolkan satu potensi saja. Misalnya hanya Komodo, tetapi harus ada pilihan lain,” tambahnya.*** (AVI)

Baca Juga :  Jarang Wanita Dianggap Sebagai Patner Hidup

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button