Home / Sport / Setiap Tahun Pemkab Rote Ndao Salurkan Benih Unggul ke Petani

Setiap Tahun Pemkab Rote Ndao Salurkan Benih Unggul ke Petani

Bagikan Halaman ini

Share Button

1

Moral-politik.com. Untuk meningkatkan produksi pertanian di Kabupaten Rote Ndao, setiap tahun Pemerintah Kabupaten Rote Ndao menyalurkan benih unggul ke petani.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Rote Ndao, Maks Ledoh di ruang kerjanya, belum lama ini.

Maks mengatakan, hal itu dilakukan sebagai bentuk perhatian Pemkab Rote Ndao untuk memperkuat ketahanan pangan warga. Selain itu, kata Maks, hal itu merupakan salah satu upaya untuk menggerakan petani meningkatkan produksi pertanian.

“Setiap tahun kita salurkan benih unggul kepada masyarakat dan diutamakan pada areal persawahan,” kata Maks.

Hasil pendataan yang dilakukan lanjutnya, hingga saat ini terdapat 49 sentra produksi yang tersebar di seluruh wilayah kabupaten Rote Ndao.

“Dari 49 sentra produksi di Kabupaten Rote Ndao luas areal di masing-masing lokasi berkisar 20 hektaare hingga 110 hektaare. Masih ada sentra pertanian lainnya yang luasnya di bawah 20 hektaare,” terangnya.

Lebih lanjut Maks menjelaskan, untuk peningkatan produksi pertanian masyarakat, tahun ini direncanakan dibuka areal persawahan baru.

“Pemerintah terus mefasilitasi warga melalui program pembukaan areal pertanian yang baru melalui suntikan anggaran untuk pembukaan lahan ke warga,” terangnya.

Ditambahkannya, dalam tahun anggaran 2012 lalu Pemerintah Kabupaten Rote Ndao melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Rote Ndao TA.2012 menyiapkan anggaran senilai Rp2 miliar lebih untuk pembukaan areal pertanian baru.

Lahan yang akan dibangun dengan menggunakan anggaran senilai Rp2 miliar tersebut  luasnya mencapai 500 hektaare. (lima)

Baca Juga :  Sinaga : Tidak ditahan bukan berarti proses hukum selesai

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button