Home / Pena_VJB / SMP Negeri Oenenu Kab. TTU Beratap Ilalang dan Berdiding Bambu

SMP Negeri Oenenu Kab. TTU Beratap Ilalang dan Berdiding Bambu

Bagikan Halaman ini

Share Button

2foto: ilustrasi rumah atap alang-alang dan dinding bambu.

 

Moral-politik.com. Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Oenenu, yang terletak di Desa Oenenu, Kecamatan Bikomi Tengah, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), kondisinya memprihatinkan, karena ruang sekolah sangat terbatas tidak sebanding dengan rasio murid.

Karena kondisi keterbatasan ini, orangtua siswa akhirnya melakukan swadaya dengan membangun ruangan sekolah baru agar anaknya tetap bisa mengenyam pendidikan layak, walaupun tak seindah gedung  sekolah negeri lainnya yakni gedung sekolah beratap ilalang dan berdinding bambu, mirip kandang ayam.

Ketua Komite SMP Negeri Oenenu, Beediktus Kapitan, kemarin mengatakan,  orangtua murid terpaksa membangun ruangan darurat itu karena tiga unit bangunan permanen sempit yang dimiliki sekolah tersebut tak cukup untuk melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara sehat. Terlebih jumlah siswa yang mencapai 160 siswa.

Dia menjelaskan, tiga ruang permanen yang ada disekolahnya  hanya bisa menampung kelas VIII A dan B, serta kelas IX A dan B, sementara kelas VII A, B dan C tidak mendapatkan ruangan. “Ya, karena itu sehingga kita swadaya bangun ruangan darurat ini,” ungkapnya.

“Komite sekolah sudah ajukan proposal baik ke pemerintah daerah maupun ke Dirjen Pendidikan di Jakarta, namun hingga saat ini tidak ada kabar berita,” ungkap Kapitan. (amy)

Baca Juga :  Rote : PLN Tebang Liar Lontar, Warga Tuntut Janji DPRD!

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button