Home / Pena_VJB / Ssst… Embung Batuai Rusak Parah!

Ssst… Embung Batuai Rusak Parah!

Bagikan Halaman ini

Share Button

embung rusak (1)

 

Moral-politik.com. Embung Batuai di Desa Modosinal, Kecamatan Rote Barat Laut yang dibangun dengan menggunakan anggaran bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2011 lalu, diperkirakan Rp1 miliar, saat ini alami kerusakan cukup berat.

Sejumlah warga yang berhasil dikonfirmasi wartawan di sekitar lokasi tersebut mengungkapkan, bangunan embung alami kerusakan satu tahun setelah dibangun tahun anggaran 2012 lalu.

Filipus Mone, salah seorang warga di desa Modosinal yang ditemui wartawan di sekitar lokasi embung mengungkapkan, sejak dibangun hingga saat ini, air yang bersumber dari embung itu belum disalurkan ke pertanian milik warga.

“Salurannya rusak berat dan sampai sekarang belum pernah dimanfaatkan,” katanya.

Dikatakannya, kerusakan pada embung itu berlangsung sejak akhir tahun anggaran 2012. Bahkan kata dia, saat Menteri Pemberdayaan Daerah Tertinggal, Helmy Faizal sempat mengunjungi lokasi itu, akhir TA.2012 lalu.

“Saat Menteri ke sana diarahkan ke bagian yang lain bukan ke yang rusak ini,” ujarnya.

Embung yang dikerjakan oleh salah seorang pengusaha di Kabupaten Rote Ndao ini menyebutkan, selain tidak ada perhatian untuk perbaikan bagian yang alami kerusakan, sistem pengelolaannya juga tidak jelas.

Pada hal kata dia, sesuai informasi yang diperoleh pihaknya, untuk pemeliharaan embung itu telah disediakan anggaran sebesar Rp60 juta namun hingga saat ini belum pernah dilakukan pemeliharaan.

Ketua kelompok pengelola embung, Soleman Modok, Sekretaris, Isak Soluk dan bendahara pengelola embung, Markus Ndolu hingga berita ini diturunkan belum berhasil dikonfirmasi wartawan.

Pernah diberitakan, Kepala Balai Sungai Nusa Tenggara II Wilayah NTT, Ir.Charisal A. Manu, M.Si saat dihubungi wartawan pertelepon, meminta Pemkab Rote Ndao supaya mefasilitasi masyarakat di sekitar lokasi tersebut untuk membentuk kelembagaan  pengelolaan embung.

Baca Juga :  Data Pleno 21 Kabupaten /Kota Pilkada NTT

“Kita mengharapkan adanya perhatian Pemda untuk fasilitasi pembentukan kelembagaan pengeolaan embung itu. Karena kehadiran embung tersebut untuk memenuhan kebutuhan masyarakat,” katanya. (lima)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button