Home / Pena_VJB / Status 3 Gunung Waspada, Masyarakat Lembata Tak Perlu Panik

Status 3 Gunung Waspada, Masyarakat Lembata Tak Perlu Panik

Bagikan Halaman ini

Share Button

4

Moral-politik.com. Pemerintah Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT)  meminta masyarakat  setempat, terutama yang bermukim di Kecamatan Ile Ape dan wilayah sekitarnya untuk tidak panik, menyusul peningkatan status Gunung Lewetolok dari normal ke waspada.

Wakil Bupati Lembata,Viktor Madu Watun yang dihubungi dari Kupang, Minggu (25/8) mengatakan, permintaan tersebut sangat beralasan, karena pada tahun 2012 lalu gunung berapi yang sering dikenal dengan sebutan Ile Lewotolok  itu pernah ditingkatkan statusnya menjadi waspada level II ke waspada level III.

“Warga kita imbau untuk tetap tenang, sambil menunggu pemberitahuan lebih lanjut. Untuk itu kami juga sudah meminta BPBD  Lembata agar tetap memonitor perkembangannya dan tetap berkomunikasi dengan  Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM yang telah menetapkan statusnya dari normal ke waspada,” katanya.

Dia mengakui, dalam sepekan terakhir masyarakat di Kabupaten Lembata sudah dibuat panik dengan peningkatan status Gunung Hobalt dan Gunung Ile Werung  dari normal ke waspada. Bahkan Gunung Hobalt diberitakan meletus.

Dia menjelaskan, Gunung Lewotolok di Kabupaten Lembata,  tahun 2012 lalu statusnya pernah ditingkatkan dari Waspada (Level II) menjadi Siaga (Level III). Pemantauan secara visual  aktivitas Gunung Lewotolok dilakukan secara kontinyu dari Pos PGA di Desa Laranwutun.

“Sementara Gunung Ile Werung juga di Kabupaten Lembata statusnya dinaikan dari normal ke waspada sejak awal pekan ini, bersamaan dengan meningkatnya aktivitas Gunung Hobalt,” tambahnya.

Kata dia, sehubungan dengan peningkatan status tersebut, maka Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi akan meningkatkan pemantauan secara intensif guna melakukan evaluasi kegiatan ketiga gunung tersebut. *** (AVI)

Baca Juga :  Pasar Busana Tawarkan Gaya Baru Rayakan Lebaran

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button