Home / Pena_VJB / Tahun 2011, Pengguna Narkoba di NTT 42.461 orang

Tahun 2011, Pengguna Narkoba di NTT 42.461 orang

Bagikan Halaman ini

Share Button

DSCN5772

 

 

Moral-politik.com. Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan wilayah yang sangat rawan terhadap peredaran narkoba. Data  tahun 2011 lalu menyebutkan, ada sekitar  42.461 orang pengguna narkoba atau 1,22 persen dari total pengguna secara nasional.

Direktur Pascarehabilitasi Badan Narkotika Nasional  (BNN), Suyono kepada Moral-politik.com di Kupang, Jumat (29/8) menuturkan, dari jumlah pengguna itu, sebanyak 13.724 coba pakai, 19.048 teratur pakai, 420 pecandu  suntik 9.629 pecandu bukan suntik.

“Mencermati peredaran narkotika yang kian marak bahkan dipasarkan secara terbuka melalui jaringan internasional, membuat BNN  bergerak cepat. Beberapa bandar besar telah diungkap dan ditangkap,” katanya.

Namun tidak cuma pemberantasan,  lanjutnya, BNN melakukan upaya untuk pencegahan dan berupaya melakukan pendekatan bagi para pecandu untuk direhabilitasi. Jumlah penyalahguna narkoba di Indonesia sendiri saat ini mencapai sekitar 4 juta orang.

Dalam melakukan hal tersebut, dia mengakui, belum terlaksana dengan sempurna. Namun pihaknya berupaya untuk menekan jumlah penyalahguna narkotika sekitar 80 persen.

Dengan kata lain, dari sekitar 18.000 penyalah guna yang mampu direhabilitasi BNN dan instansi lainnya setiap tahun, sebanyak 14.400 penyalahguna kembali lagi menggunakan narkoba.

“Masih banyaknya penyalah guna yang kembali mengonsumsi narkoba setelah direhabilitasi lantaran tidak adanya pendampingan paska-rehabilitasi,” ujarnya. *** (AVI)

Baca Juga :  Esok Pilkada Nagekeo, 7 Pasang Calon Siap Bertarung!

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button