Home / Sport / Andre Koreh: 271 Desa di NTT Dapat Dana PPIP

Andre Koreh: 271 Desa di NTT Dapat Dana PPIP

Bagikan Halaman ini

Share Button

5

 

Moral-poltik.com. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Nusa Tenggara Timur (NTT), Andre W.Koreh mengatakan, dalam APBN murni 2013, pemerintah pusat telah menetapkan 271 desa sasaran pelaksana Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) di NTT. Program ini merupakan dana bantuan langsung masyarakat (BLM) yang disalurkan pemerintah pusat melalui Direktorat Pengembangan Permukiman Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum.

“Setiap desa penerima PPIP akan mendapat dana sebesar Rp 250 juta, yang terdiri dari Rp 5 juta  untuk operasional organisasi masyarakat setempat (OMS) dan Rp 245 juta untuk pembangunan
infrastruktur,” kata Andre di Kupang, Jumat (16/8).

Dia menjelaskan, PPIP bertujuan menciptakan dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, baik secara individu maupun kelompok. Sehingga mampu memecahkan berbagai permasalahan terkait  kemiskinan dan ketertinggalan yang ada di desanya.

Kata dia, PPIP merupakan salah satu program penguatan yang berbasis pemberdayaan masyarakat untuk mendukung program inti, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM).

Menurutnya, komponen kegiatannya meliputi fasilitasi dan mobilisasi masyarakat. Sehingga  mereka mampu melakukan identifikasi permasalahan ketersediaan dan akses ke infrastruktur dasar, menyusun perencanaan dan pelaksanaan pembangunan infrastruktur dasar, seperti jalan  desa, jembatan/tambatan perahu, irigasi desa, air bersih dan sanitasi.

“Pola pendekatan yang diambil dalam PPIP adalah pemberdayaan masyarakat, keberpihakan kepada orang miskin, otonomi dan desentralisasi, partisipatif, keswadayaan, keterpaduan program
pembangunan, dan penguatan kapasitas kelembagaan,” paparnya.*** (AVI)

Baca Juga :  Pengelolaan Warnet Informasi Masyarakat Masih Tunggu Pihak Ketiga

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button