Home / Sport / Harga Tiket Tinggi, Arus Mudik Berkurang

Harga Tiket Tinggi, Arus Mudik Berkurang

Bagikan Halaman ini

Share Button

suasana

 

Moral-politik.com. Arus penumpang mudik di Bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) hingga H-4 menjelang Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah, mengalami penurunan sekitar tiga persen jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Air Port Duty Officer Bandara El Tari Kupang, Suparso kepada wartawan di Kupang, Senin (5/8) mengatakan, menurunnya arus penumpang mudik baik yang hendak ke luar maupun yang datang, kemungkinan besar dipicu oleh tingginya harga tiket.

Menurutnya, turunnya jumlah penumpang mudik melalui Bandara tersebut, bisa dilihat dari data yang dihimpun dari beberapa air line yang beroperasi. Pada H-6 misalnya, jumlah penumpang yang berangkat sebanyak 2011 orang dan yang datang 1373 orang.

Hal yang sama juga terjadi pada H-5. Tercatat jumlah penumpang yang berangkat 2191 orang dan yang datang 1827 orang Padahal tahun sebelumnya, jumlah penumpang yang datang jauh di atas rata-rata.

“Saat ini untuk rute penerbangan dari dan ke Kupang dilayani oleh beberapa air line yakni Garuda Indonesia, Merpati, Lion Air/Wings Air, Sriwijaya dan Sky Aviation. Sementara untuk penerbangan di dalam daerah dilayani oleh Merpati, Transnusa, Wings, Susi Air dan Sky Aviation,” sebutnya.

Suparso menampik jika turunnya jumlah penumpang itu dipicu oleh adanya kenaikan harga tiket. Sebab, yang menentukan naik turunnya harga tiket adalah operator air line.

“Kalau soal harga tiket, apakah mengalami kenaikan atau tidak, silahkan konfirmasi ke operator air line yang ada. Sebab, hingga saat ini kami belum mendapat pengaduan dari pengguna jasa transportasi udara,” katanya.

Hadi, salah seorang calon penumpang yang hendak pulang mudik ke Jawa Timur mengatakan, harga tiket untuk rute Kupang-Surabaya dengan Lion Air Rp 1,4 juta dari harga normal Rp 900 ribu. Sedangkan untuk tujuan Kupang-Jakarta Rp 1,7 juta dari harga normal Rp 1,2 juta.

Baca Juga :  Fan Adrianus : Data Kepemilikan Lahan Ditinjau Kembali!

Sementara untuk tiket pesawat Garuda, kata dia, Kupang-Surabaya naik menjadi Rp 3 juta dari harga normal Rp 2 juta. Sedangkan untuk Kupang-Jakarta Rp 5 juta.

“Kami heran ada lima air line yang beroperasi ke arah Jawa dan Bali mematok harga berbeda,” imbuhnya.*** (AVI)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button