Home / Sport / PKK Dorong Pemberdayaan Sumber Gizi

PKK Dorong Pemberdayaan Sumber Gizi

Bagikan Halaman ini

Share Button

ny.titu eki

 

Moral-politik.com. Tim Penggerak PKK Kabupaten Kupang bekerjasama dengan LSM ACF, beberapa waktu lalu mengadakan kegiatan sosialisasi pemberdayaan halaman rumah sebagai sumber gizi dan demo masak makanan bergizi, di Posyandu Kenan, Desa Nunmafo, Kecamatan Amabi Oefeto Timur.

Ketua tim Penggerak PKK Kabupaten Kupang, Ny. Christina Titu Eki, dalam sambutannya pada kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan tim penggerak PKK Kabupaten Kupang bekerjasama dengan ACF tersebut, merupakan salah  satu upaya peningkatan gizi masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat, terutama ibu-ibu PKK dengan memanfaatkan potensi yang ada dalam masyarakat itu sendiri.

“Peningkatan gizi masyarakat harus dimulai dari tahap paling dasar, yaitu meningkatkan gizi balita, bahkan semenjak bayi masih dalam kandungan,” katanya.

Dia menuturkan, pentingnya kandungan gizi bagi anak, karena menurut penilitian dari para ahli, tingkat kecerdasan anak sudah dimulai semenjak anak terbentuk dalam kandungan, bahkan 1000 hari pertama terbentuknya anak dalam kandungan ibu, adalah fase terpenting dari pembentukan tingkat kecerdasan anak.

Oleh karena itu, dia berharap ibu-ibu PKK memperhatikan gizi anak mereka semenjak anak terbentuk dalam kandungan, dengan mengkonsumsi makanan bergizi bagi ibu hamil, dan memberi anak yang sudah lahir dengan asupan makan bergizi.

Dia menjelaskan, demi peningkatan tingkat kesehatan masyarakat melalui peningkatan gizi keluarga, terutama bayi dan balita tersebut, tim penggerak PKK bekerjasama dengan ACF, memotifasi ibu2 PKK untuk memanfaatkan pekarangan rumah mereka sebagai media tanam tanaman2 seperti sayuran yg bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan gizi keluarga, terutama balita dan ibu hamil.

“Bila ibu- ibu tidak memperhatikan anak mereka semenjak mereka masih dalam kandungan, sama saja dengan menyengsarakan anak tersebut,” tambahnya.

Dia mengatakan, menyengsarakan anak dengan tidak memperhatikan gizi anak semenjak dalam kandungan maksudnya adalah bila tidak memperhatikan gizi anak semenjak dalam kandungan, akan menyebabkan anak tidak tumbuh sehat dan cenderung berpenyakitan di masa depannya.

Baca Juga :  Victory Siap Bawa Kabupaten Kupang Menuju Kesejahteraan

Dia memaparkan, hal-hal negatif yg dibawa anak yg tidak diperhatikan gizinya semenjak dalam kandungan oleh ibu, tentunya akan berbuntut panjang, karena tidak akan terjadi kemajuan dalam masyarakat, tercermin dari sikap anak-anak yang kekurangan asupan gizi.

“Masyarakat Kabupaten Kupang seharusnya menyadari, untuk dapat mengejar ketertinggalan dari daerah lainnya, dengan harus membentuk generasi penerus kita yaitu anak, sebagai generasi unggul, yang kreatif dan mampu bersaing dengan sesamanya,” pungkasnya.*** (AVI)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button