Home / Sport / TPA Oelunggu Belum Berfungsi Maksimal

TPA Oelunggu Belum Berfungsi Maksimal

Bagikan Halaman ini

Share Button

11

 

Moral-politik.com. Keberadaan Tempat Pembuangan Akhir  (TPA) yang dibangun Pemerintah Kabupaten Rote Ndao di Desa Oelunggu, Kecamatan Lobalain, hingga saat ini belum berfungsi optimal.

Hal ini disampaikan tokoh masyarakat Desa Oelunggu, Nikodemus Foeh saat ditemui Moral-politik.com di kediamannya.
Menurutnya, sejak dibangun hingga saat ini, TPA itu belum berfungsi bahkan jarang dimanfaatkan untuk pembuangan sampah.

Padahal, kata Nikodemus, bila dimanfaatkan secara baik bisa bermanfaat bagi warga di sekitar lokasi itu.

“Sampah merupakan sesuatu yang tidak bernilai tetapi kalau dikelola secara baik dapat menghasilkan pendapatan bagi masyarakat,” kata Nikodemus.

Kepada wartawan, Nikodemus mengaku kecewa dengan sikap Pemkab Rote Ndao melalui Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Rote Ndao yang terkesan tak becus dalam mengelola lokasi tersebut.

“Pemerintah bangun TPA ini sejak Tahun 2008 namun tidak berfungsi dan tidak ada nilai tambah ekonomi bagi masyarakat,” kata Nikodemus.

Akibat tidak digunakan secara optimal lanjut Nikodemus, menyebabkan sejumlah fasilitas yang disediakan di lokasi tersebut mubazir.

“BLH harus intens dalam mengelolah sampah-sampah yang di bawah ke sini. Kita harapkan agar sampah yang didatangkan ke sini jangan langsung dibakar,” ujarnya.

Pemkab Rote Ndao disarankannya agar sampah-sampah yang dibawa ke sana supaya terlebih dahulu dilakukan pemisahan antara sampah organik dan non organik.

“Sampah yang dibawah oleh tenaga kebersihan kota, sebaiknya dipisahkan antara sampah organik dan non organik,” terangnya. (lima)

Baca Juga :  Jaksa bedah biaya angkut Alkes Rp 1 M

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button